Hasil Liga Inggris: Everton Catatkan Kemenangan Pertama Atas Liverpool Dalam 11 Tahun

Gila Bola – Performa merosot Liverpool berlanjut dengan skuad Juergen Klopp itu menelan kekalahan pertamanya di tangan Everton pada ajang Liga Inggris dalam 11 tahun terakhir, Sabtu malam (20/2). Penderitaan The Reds bertambah oleh cederanya Jordan Henderson pada paruh pertama permainan di Anfield tersebut.

Sudah nyaris 11 tahun berlalu sejak The Toffees terakhir kali bisa mengungguli The Reds, yaitu tanggal 17 Oktober 2010 di Goodison Park dengan skor 2-0. Hanya dalam waktu tiga menit saja sejak kick-off dimulai di Anfield pada Sabtu malam, Richarlison menyarangkan gol yang menjadi satu dari dua gol Everton dalam perjumpaan terkini dari kedua tim Merseyside itu.

Gol cepat menit ketiga terjadi saat sang striker Brasil itu lolos dari jebakan offside dengan pemain No 19, Ozan Kabak, berposisi sedikit lebih mundur daripada tiga pemain Liverpool lainnya. Umpan terobosan dari James Rodriguez terlalu cepat dan akurat, menjadikan tugas Richarlison sangat mudah untuk menerima si bundar dan kemudian mengincar sudut kanan bawah gawang rekannya sesama Brasil, Alisson Becker.

Advertisement
K9Win
K9Win

Itu merupakan gol ke-10 Richarlison musim 2020/21 ini, namun hanya gol keempatnya di ajang Premier League dengan 6 gol sisanya terjadi di ajang FA Cup (1) dan Carabao Cup (5).

Laporan Pertandingan Liverpool vs Everton

Permainan di Anfield pada Sabtu malam berlangsung tidak seimbang. Malah bisa kita sebut sangat tidak berimbang. Setelah mendominasi separuh pertama permainan dengan 63 persen penguasaan bola dan tujuh peluang gol serta dua tembakan on target, Liverpool menaikkan tempo dan dominasi mereka pada babak kedua menjadi 80 persen! Anak-anak Juergen Klopp memiliki lima peluang gol dan tiga sepakan tepat sasaran tapi tidak ada gol tambahan.

Sebaliknya pasukan Carlo Ancelotti dengan senang hati mundur selama babak kedua dan membiarkan musuh mereka mendominasi bola selama separuh kedua permainan, menjaga secara ketat agar skor kemenangan tipis ini tidak berubah. Saking rapatnya pertahanan tim tamu, istilah yang digunakan oleh BBC adalah, “Everton memasang piano di belakang pintu, mencegah siapa pun dari skuad Liverpool untuk masuk.”

Salah satu figur yang harus dipuji adalah Jordan Pickford, sang penjaga gawang Toffees. Sepanjang 90 menit ia melakukan lima penyelamatan penting, salah satunya ketika menahan tembakan Mohamed Salah menit 69, yang terlihat seolah-olah akan menjadi gol yang menyamakan skor 1-1 saat umpan Xherdan Shaqiri sampai kepadanya di dalam kotak penalti.

Satu gol berubah menjadi dua setelah Trent Alexander-Arnold menjatuhkan Dominic Calvert-Lewin di dalam kotak penalti saat laga memasuki menit 82. Pemain asal Islandia Gylfi Sigurdsson selaku eksekutor utama penalti maju dan menyarangkan bola ke pojok yang sama seperti gol pertama Richarlison tadi. Sepertinya itu menjadi kelemahan dari Alisson.

Jordan Henderson Cedera

Malam buruk Liverpool, kekalahan keempat dari lima laga terakhir di Premier League dan kekalahan ketujuhnya dari keseluruhan musim, diperburuk dengan cederanya kapten Jordan Henderson. Dalam satu kesempatan saat hendak membawa si bundar keluar dari daerah pertahanan pada menit 30, ia menjerit kesakitan dan terjatuh begitu saja ketika melewati Abdoulaye Doucoure. Tidak ada pelanggaran di situ, dengan bayang-bayang cedera sudah terlihat sejak awal pertandingan. Ia dengan cepat digantikan oleh Nat Phillips.

Tidak ada gol lagi. Hasil Liga Inggris di Anfield pada Sabtu malam (20/2) usai dengan skor 0-2 bagi kemenangan Everton. Kekalahan ketujuh pasukan Juergen Klopp tersebut menyebabkan mereka terdampar pada urutan keenam klasemen Premier League, sama poin dengan Toffees, tapi Reds masih memiliki keunggulan selisih gol.