Hasil Liga Inggris: Liverpool Gagal ke Ranking 4, Sisa Man United Lawan Sulit dan 2 Tim Bisa Bikin Terpeleset

Gila Bola – Liverpool gagal mengamankan ranking keempat klasemen Premier League usai seorang mantan pemain Real Madrid mencetak gol balasan yang membuat pertandingan di Leeds United usai dengan skor imbang 1-1, Selasa dinihari 20 April 2021.

Liga Super Eropa baru akan dimulai Agustus 2022, jadi Liverpool masih butuh Liga Champions musim depan (2021/22) dan mereka masih gagal mendapatkannya usai imbang 1-1 di Leeds United, Selasa. Gol tunggal Sadio Mane dibalaskan oleh Diego Llorente tiga menit jelang akhir.

Pertandingan ini terasa sebagai sebuah ironi mengingat Liverpool berada di bawah ancaman skorsing bersama lima raksasa Premier League lainnya untuk komitmen mereka membentuk European Super League, seperti dicanangkan hari Minggu kemarin. Untuk apa bertanding jika akhirnya hanya kena skorsing FA dan otoritas Liga Inggris? Ancaman hukuman sudah di depan mata, seperti ditegaskan oleh UEFA.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
TOTOBET
TOTOBET

Tapi selama belum ada hukuman dijatuhkan, Liverpool masih butuh menang untuk mengamankan posisi empat besar guna memastikan satu tempat di Liga Champions – yang akan Reds campakkan pada 2022. Kegagalan menang atas The Whites ini membawa skuad Juergen Klopp dalam ancaman serius West Ham, Chelsea, Tottenham dan Everton, yang masing-masing berjarak dua poin, satu poin di atasnya, serta tiga dan empat poin di The Reds.

Pertandingan di Elland Road ini – yang diawali secara kurang mengenakkan dengan sejumlah kaus menyindir posisi Liverpool dalam Liga Super Eropa ditinggalkan di ruang ganti tim tandang – berjalan kurang lebih seimbang pada separuh pertama permainan dengan 52 persen penguasaan bola di bawah Patrick Bamford dan kawan-kawan. Skuad Marcelo Bielsa itu melawan dengan gagah berani, seperti biasanya.

Tapi untuk gol kebobolan yang mereka alami pada menit 31, itu adalah hasil dari pemikiran cepat Diogo Jota mengirim umpan lambung ke depan, plus gerak cepat Trent Alexander-Arnold memotong bola sebelum diselamatkan kiper Illan Meslier, menjadi assist yang disambar pada kesempatan pertama oleh Sadio Mane.

Sayang sekali terjadi balasan dari Diego Llorente pada menit-menit akhir jelang pertandingan usai. Sebuah sepak pojok oleh Jack Harrison melayang dari sisi kanan dan disundul secara meyakinkan oleh mantan pemain Real Madrid pada periode 2012 sampai 2017 tersebut. Skor imbang 1-1!

Leeds adalah lawan sulit terakhir Liverpool. Sesudah ini mereka hanya memiliki tandang sulit ke Manchester United pada 1 Mei 2021, selain dua lawan lain yang karena faktor X berpotensi membuat The Reds terpeleset. Satu adalah saat menjamu Southampton pada 8 Mei dan tandang ke West Brom yang berada di bawah ancaman degradasi pada 12 Mei.

Sisanya, menjamu Newcastle United pada 24 April, tandang ke Burnley pada 15 Mei dan menyambut kedatangan Crystal Palace pada 23 Mei di atas kertas akan berakhir dengan tiga poin bagi Roberto Firmino dan kawan-kawan. Posisi tujuh besar Liga Inggris usai laga Liverpool di Leeds United adalah sebagai berikut:

  • Man City 32 games, 74 poin
  • Man United 32, 66
  • Leicester City 31, 56
  • West Ham 32, 55
  • Chelsea 31, 54
  • Liverpool 32, 53
  • Tottenham 32, 50
  • Everton 31, 49