Hasil Liga Inggris: Manchester City Gagal Menang 18 Gol, Tapi 5-2 Cukup Untuk Menjauh 14 Poin

Gila Bola – Pep Guardiola gagal memenuhi “janji” Manchester City akan menang 18-0 atas Southampton guna menandingi skor 9-0 oleh rivalnya Manchester United, tapi kemenangan 5-2 atas the Saints, Kamis dinihari 11 Maret 2021 cukup untuk membawa mereka menjauh 14 poin di atas Setan Merah pada papan klasemen Liga Inggris.

Dalam jumpa pers pra-pertandingan, Guardiola ditanya soal keberhasilan Man United menang 9-0 atas klub bola asal pantai selatan Inggris itu pada 3 Februari 2021 lalu. Sang manajer bola asal Catalonia itu menjawab, “18 gol. Kami akan mencatatkan 18-0. Itulah hasilnya”. Tapi ia menjawab pertanyaan itu dalam nada sarkastik, sembari kemudian menyerang balik sang reporter untuk ketiadaan rasa hormat pada skuad asuhan Ralph Hasenhuettl tersebut.

Kevin De Bruyne membuka skor bagi Skyblues pada menit 15, sebelum disamakan oleh James Ward-Prowse selang 10 menit kemudian. Tapi Riyad Mahrez dan Ilkay Guendogan memastikan City unggul 3-1 saat turun minum. Pada awal babak kedua kedua tim saling berbalas gol dalam rentang empat menit saja satu sama lain. Diawali oleh Mahrez yang menambahkan gol Citizens menjadi empat pada menit 55, yang dibalas oleh Che Adams selang satu menit kemudian, dan dibalas lagi oleh gol sang gelandang kreatif Belgia itu menit 59.

Advertisement
QQCepat
QQCepat

Pertandingan di Etihad Stadium ini berjalan terbuka dengan kedua tim silih berganti melakukan serangan. Tuan rumah menguasai sebanyak 60 persen penguasaan bola, melakukan 12 percobaan gol dan sembilan shots on goal. Tapi sebenarnya situasinya masih lebih berimbang selama separuh pertama, saat City dan Southampton sama-sama mencatatkan empat tembakan tepat sasaran.

Perubahan besar terjadi selama babak kedua ketika anak-anak Pep Guardiola menaikkan dominasi menjadi 71 persen dan tempo permainan, guna mencatatkan enam peluang gol dan lima kali serangan yang mengarah tepat ke gawang Alex McCarthy.

Tidak ada gol lagi terjadi selama 30 menit terakhir pertandingan dengan kedua tim memperketat pertahanan mereka, meski Che Adams sempat menggetarkan gawang Ederon Moraes pada menit-menit akhir pertandingan, yang dibatalkan wasit dengan alasan offside. Hasil Manchester City vs Southampton yang usai dengan skor 5-2 ini juga melontarkan Riyad Mahrez dan Kevin de Bruyne ke posisi baru mereka di papan top skor Premier League dengan koleksi 9 gol dan 5 gol, masing-masing.