Hasil Liga Inggris: Manchester City Sudah Kalahkan Arsenal Empat Kali Sejak Era Arteta di The Gunners

Gila Bola – Gol menit 1 lebih 17 detik dari Raheem Sterling pada Senin dinihari (22/2) sudah cukup bagi Manchester City untuk memberi pelajaran pada Mikel Arteta kekalahan keempat dari lima pertemuan sejak mantan asisten Pep Guardiola itu mengambil alih kursi panas di Emirates, Desember 2019.

Mikel Arteta resign dari posisinya sebagai asisten Guardiola untuk mengambil alih posisi pelatih pelatih kepala di Arsenal pada 20 Desember 2019. Sejak saat itu kedua tim sudah bertemu lima kali dan mantan pemain The Gunners itu hanya satu kali berhasil mengalahkan mantan bosnya, yaitu di semi final Piala FA akhir musim 2019/2020. Sisanya, empat kekalahan dari lima kesempatan, termasuk hasil Liga Inggris tadi malam dengan skor 0-1.

Gol satu-satunya pada pertandingan Premier League di Emirates Stadium pada Senin dinihari itu terjadi pada menit pertama pertandingan lebih 17 detik, ketika Riyad Mahrez menggiring bola dari sisi kanan kotak dan kemudian melambungkan si bundar ke depan gawang. Sterling entah bagaimana bisa lolos dari penjagaan para pemain Arsenal dan menanduk bola untuk menaklukkan Bernd Leno.

Advertisement
K9Win
K9Win

Tidak ada gol lagi setelah itu dengan Arsenal kalah segala-galanya dari The Skyblues, meski tidak mencolok. Tuan rumah hanya memiliki 44 persen penguasaan bola selama 90 menit, tujuh peluang gol tapi hanya satu tembakan tepat sasaran. Sebaliknya Manchester City memiliki 56 persen dominasi bola, 15 kesempatan gol dan tiga tembakan tepat sasaran.

Skor 0-1 bagi kemenangan Citizens pada Senin dinihari ini merupakan kali keempat skuad Pep Guardiola menang atas Arteta sejak legenda The Gunners itu mengambil alih posisi di Arsenal. Terakhir kali City mengalahkan Arsenal 1-4 di ajang Carabao Cup pada 23 Desember 2020. Sebelum itu mereka menang tipis 1-0 pada 17 Oktober 2020 dan skor 3-0 pada 18 Juni 2020. Satu-satunya kesempatan Arteta menang atas mantan bosnya adalah di ajang FA Cup 19 Juli 2020.

Dengan hasil Liga Inggris yang memberi tiga poin ini maka City (59) menjauh 10 poin dari pesaing terdekatnya Leicester City (49) yang tadi malam menang 1-2 di Aston Villa, sementara Manchester United (46) baru akan bertanding satu jam lagi saat berita ini diunggah Senin dinihari.

Arsenal pada sisi lain terdampar pada urutan 10 klasemen Premier League dengan 34 poin, satu ranking dan dua poin di bawah Tottenham Hotspur (36) yang tadi malam kalah 2-1 di West Ham United. Itu merupakan kekalahan pertama Jose Mourinho di tangan David Moyes.