Hasil Liga Inggris: Sempat Diselamatkan Penalti, West Ham Kandas di Kandang Newcastle

Gila Bola – Hasil Newcastle vs West Ham di laga lanjutan Liga Premier pada Sabtu malam 17 April 2021, berakhir dengan kemenangan tuan rumah, 3-2.

West Ham yang tengah berusaha terus mengamankan posisinya di zona Liga Champions, harus hadapi pertandingan sulit di kandang Newcastle, yang jelang pertandingan ini berada di peringkat 17.

West Ham yang tampil percaya diri di laga ini, meskipun mereka unggul dalam penguasaan bola sejak kickoff hingga laga usai, harus menyaksikan tertinggal 0-2 di akhir babak pertama.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
TOTOBET
TOTOBET

Newcastle secara mengejutkan unggul lewat gol bunuh diri bek West Ham, Issa Diop, di menit 36, yang kemudian digandakan Joelinton di menit 41. Bukan itu saja, skuad asuhan David Moyes itupun harus bermain dengan 10 pemain setelah Craig Dawson menerima kartu kuning kedua di laga tersebut.

West Ham memang bisa mengejar ketertinggalan mereka di babak kedua, hingga skor sempat imbang 2-2. Issa Diop berhasil membayar kesalahannya di babak pertama dengan menjebol gawang tuan rumah di menit 73. Lalu, Jesse Lingard mengubah skor kedua tim menjadi 2-2 lewat titik putih setelah pemain Newcastle, Ciaran Clark, lakukan handball di kotak terlarang.

Namun, pemain pengganti Joseph Willock menjadi pahlawan Newcastle dalam laga ini. Baru satu menit masuk lapangan, pemain buangan Arsenal ini berhasil sarangkan sundulan kepalanya di menit 82, dan membawa Newcastle unggul 3-2 hingga pertandingan usai.

Wasit memberi perpanjangan waktu hingga delapan menit! West Ham pun berusaha memanfaatkannya untuk mengejar ketertinggalan mereka, minimal membawa pulang satu poin dari kandang Newcastle. Namun, ambisi ini tak kesampaian, setelah berbagai upaya mereka tak ada yang membuahkan hasil. Newcastle pun tetap menang 3-2, meskipun tertinggal dalam penguasaan bola.

Berkat hasil ini, West Ham tetap berada di peringkat empat dengan koleksi poin 55. Posisinya kini terus ditempel Chelsea dan Liverpool, yang masing-masing terpaut satu serta dua poin di bawah The Hammers.

Sedangkan Newcastle, kemenangan ini membuat mereka naik dua peringkat ke posisi 15 dengan koleksi poin 35 dan terus menjauhi zona merah.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

West Ham yang tengah berusaha keras mengamankan posisi mereka di zona Liga Champions, tunjukkan penampilan menekan sejak awal pertandingan. Mereka seakan punya kans besar untuk amankan poin sempurna meskipun tandang ke markas tim yang berada di peringkat 15.

Peluang diciptakan Jesse Lingard di tiga menit pertama, yang sayangnya berhasil dihalau lawan. Begitu juga saat Tomas Soucek mencoba sodorkan bola sundulan kepalanya ke area terlarang tuan rumah, upaya ini berhasil digagalkan pemain Newcastle.

Newcastle punya peluang emas di menit ke-9 lewat aksi Saint-Maximin. Namun, tembakannya berhasil diblok. GAGAL!

Hingga menit ke-15, West Ham memimpin dalam penguasaan bola dengan persentase 41:59. Tapi, tak satupun peluang mereka yang membuahkan gol.

GOOLL!! Newcastle malah memimpin di menit 36 lewat GOL BUNUH DIRI bek West Ham, Issa Diop, saat berusaha memblokir upaya Saint-Maximin. 1-0 Untuk Newcastle!

KARTU MERAH!! Apesnya lagi, sesaat kemudian West Ham kehilangan Craig Dawson yang diusir wasit setelah mendapat dua kartu kuning.

Hingga menit ke-40, West Ham masih terus unggul dalam penguasaan bola, bahkan hingga 67 persen. Mereka langsung terpacu mengejar ketertinggalan tersebut, namun malah kembali kebobolan semenit kemudian.

GOOLL!! Alih-alih mengejar ketertinggalan, The Hammers malah kembali kebobolan, kali ini lewat aksi Joelinton yang berhasil memanfaatkan kesalahan Lukasz Fabianski dalam mengantisipasi sepak pojok Matt Ritchie. Newcastle pun unggul 2-0 di menit 41.

Berbagai upaya dilakukan anak asuh David Moyes di menit-menit akhir babak pertama ini, namun tak satupun yang membuahkan gol. Meskipun West Ham unggul dalam penguasaan bola, 30:70, namun Newcastle menjadi tim yang tampil lebih baik di babak pertama ini.

Babak Kedua

Miguel Almiron nyaris menambah koleksi gol Newcastle di menit 47, sayang tembakannya dari luar kotak penalti masih melebar.

Sesaat kemudian, West Ham pun mendapat peluang emas untuk memperkecil ketertinggalannya lewat upaya Jarrod Bowen. Namun bola berhasil diamankan kiper Newcastle.

Sama seperti babak pertama, West Ham yang saat ini tengah di atas angin tetap unggul dalam penguasaan bola hingga menit ke-50, 30:70. Namun, tak ada satupun upaya mereka yang menghasilkan gol.

Lingard mendapat peluang mencetak gol di menit ke-52, namun upaya pemain pinjaman Manchester United itu berhasil diblok.

Dua menit kemudian, peluang Newcastle yang kembali diciptakan Miguel Almiron kembali berhasl diblok pemain West Ham. GAGAL!

The Hammers pun mendapat peluang gol di menit ke-57, namun Martin Dubravka berhasil amankan tembakan Jarrod Bowen dengan gemilang.

Jesse Lingard punya banyak peluang di babak kedua ini, namun upayanya selalu berhasil dipatahkan para pemain lawan maupun sang kiper, Dubravka.

Hingga akhirnya, Issa Diop berhasil membalas gol bunuhnya di babak pertama dengan menjebol gawang Newcastle di menit 73. GGOOOLLL!! 2-1 Untuk West Ham.

Wasit sempat berkonsultasi dengan VAR mengantisipasi kemungkinan terjadinya pelanggaran sesaat sebelum gol Diop tercipta. Gol itupun akhirnya disahkan wasit.

VAR PENALTI! Wasit menghentikan pertandingan dan berkonsultasi dengan VAR terkait potensi penalti bagi tim tamu, West Ham, setelah Ciaran Clark diduga lakukan handball.

Pemain Newcastle itupun memprotes keputusan wasit dan menyatakan dirinya tak lakukan handball. Namun, VAR berkata lain, wasit pun memberikan hadiah penalti untuk West Ham.

GOOOLL!! West Ham berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2 lewat eksekusi penalti Jesse Lingard tepat di menit 80.

Namun hanya dua menit berselang, Joseph Willock yang baru bermain di menit 81 menggantikan Sean Longstaff, berhasil mencetak gol penentu kemenangan Newcastle di menit 82 – hanya satu menit setelah ia masuk lapangan. Lewat sundulan kepalanya, Willock berhasil menyarangkan umpan silang Matt Ritchie. GOOLLL!!

West Ham pun mati-matian kembali berusaha mengejar ketertinggalan mereka, meski tetap unggul dalam penguasaan bola (34:66) hingga menit-menit akhir laga. Hasil Newcastle vs West Ham pun ditutup dengan skor 3-2.

Susunan Pemain

Newcastle United (3-5-2): Martin Dubravka; Ciaran Clark, Federico Fernandez, Paul Dummett; Jacob Murphy, Miguel Almiron, Jonjo Shelvey, Sean Longstaff, Matt Ritchie; Joelinton, Allan Saint-Maximin.

West Ham United (3-4-2-1): Lukasz Fabianski; Angelo Ogbonna, Craig Dawson, Issa Diop; Ben Johnson, Tomas Soucek, Mark Noble, Vladimir Coufal; Jesse Lingard, Pablo Fornals.

AHABET
AHABET