Hasil Liga Inggris: West Ham Naik ke Posisi 4 Klasemen, Gusur Liverpool

Gilabola.com – Gol penalti pertama dari Declan Rice dalam 137 penampilannya bagi The Hammers, juga gol penalti pertama bagi West Ham United musim 2020/21 pada laga Selasa dinihari (16/2), membawa pasukan David Moyes naik ke urutan keempat klasemen Liga Inggris, menggusur Liverpool.

Sebenarnya bukan hanya Liverpool yang turun peringkat ke posisi kelima usai hasi Liga Inggris di Olympic Stadium London ini, tapi juga Chelsea merosot ke urutan keenam. Tapi pasukan Thomas Tuchel itu akan menjamu Newcastle United beberapa jam lagi pada Selasa dinihari dan dijagokan menang untuk naik ke posisi keempat, sekaligus menurunkan skuad Juergen Klopp – sang juara bertahan itu – ke urutan keenam klasemen Premier League.

West Ham bukan hanya mencetak satu gol dengan lesakan kedua ke gawang Aaron Ramsdale dicatatkan oleh Issa Diop pada menit 58, serta gol ketiga dari Ryan Fredericks pada detik-detik terakhir, yang menyebabkan The Hammers kini memiliki 37 gol memasukkan, yang terburuk dari enam tim teratas di Liga Inggris. Jumlah produktifitas yang lebih sedikit (36) dicatatkan oleh Aston Villa dan Tottenham, dua tim yang menghuni urutan 8 dan 9 klasemen sejauh ini.

Advertisement
QQCepat
QQCepat

Gol Declan Rice tersebut, seperti yang bisa Anda lihat dari foto di atas, merupakan sebuah gol dari titik penalti dan merupakan gol keempatnya dalam seluruh karir sepak bolanya bersama tim London tersebut. Musim ini pemain berusia 22 tahun yang berposisi sebagai gelandang bertahan itu baru melesakkan satu gol saja, yakni saat membela timnas Inggris di ajang UEFA Nations League.

Hadiah penalti diberikan wasit kepada The Hammers setelah Chris Basham menabrak secara keras Jesse Lingard dari arah belakang saat pemain pinjaman Manchester United itu melaju sendirian dengan bola di dalam kotak penalti.

Sementara itu gol kedua dicetak Issa Diop, pemain Perancis yang memiliki posisi bek tengah saat menyambut sepakan sudut dari Aaron Cresswell dan menyundulnya ke sudut kiri bawah gawang Ramsdale. Itu merupakan gol pertama sang pemain berusia 24 tahun di ajang Liga Inggris musim ini. Gol ketiga datang dari Ryan Fredericks dari hasil assist pemain pengganti Said Benrahma.

Pertandingan sebenarnya berlangsung seimbang (45:55), dengan tim tamu justru lebih dominan dalam hal penguasaan bola, terutama sekali babak kedua (40:60) saat mereka mencari gol penyama kedudukan. Namun peluang gol lebih banyak dimiliki anak-anak David Moyes (13:6), dengan sepakan tepat sasaran sembilan berbanding lima selama 90 menit. Kedua kiper, Lukasz Fabianski dan Ramsdale, sama-sama berperan penting dalam laga ini setelah melakukan lima dan enam penyelamatan penting. Tapi hasil Liga Inggris pada Selasa dinihari (16/2) ini berakhir dengan skor 3-0 bagi kemenangan West Ham.