Manchester City Kalah di Kandang The Wanderers, Ruben Dias Cetak Gol Bunuh Diri

Gila BolaWolves berhasil mengalahkan sang juara bertaham Manchester City pada pekan ketujuh Liga Inggris, klub sepakbola dari kota Wolverhampton ini menang dengan skor 2-1 melalui gol bunuh diri Ruben Dias dan gol dari Hwang Hee-chan.

Wolves yang menjamu Manchester City di Stadion Molineux pada hari Sabtu (30/9) tadi malam unggul di menit 13 babak pertama melalui gol bunuh diri Ruben Dias, di babak kedua Julian Alvarez berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 melalui golnya di menit 58. Namun Hwang Hee-chan berhasil mengembalikan keunggulan Wolves yang bertahan hingga pertandingan berakhir.

Jalannya Pertandingan

Meski Manchester City unggul jauh dalam hal penguasaan bola dan juga peluang untuk mencetak gol, namun Wolves berhasil meraih poin penuh mengandalkan pertahanan dan serangan balik untuk mengalahkan sang juara bertahan Liga Inggris, berikut kronologinya:

Babak Pertama

Pedro Neto membantu Wolves unggul melawan Manchester City dengan usaha solo yang menakjubkan, namun buka dia yang emncetak gol bagi tuan rumah si menit 13.

Pemain sayap yang sedang dalam performa bagus ini memulai berlari di sayap kanan dari setengah lapangan sendiri, mengalahkan Phil Foden dan Nathan Ake dengan mudah sebelum mengirimkan umpan.

Umpan tersebut membentur bek Manchester City, Ruben Dias, saat ia meluncur untuk melakukan blok dan akhirnya justru mengarahkan bola ke gawangnya sendiri.

Skuad asuhan Pep Guardiola langsung mendominasi penguasaan bola dan wilayah sejak saat gol bunuh diri tersebut, tetapi kiper Wolves Jose Sa cukup tangguh saat melakukan penyelamatan hebat untuk menggagalkan beberapa peluang yang dilepas oleh Nathan Ake, Matheus, dan Dias!

Wolves selama 45 menit pertama hanya mampu melepaskan satu tembakan, jauh jika  dibandingkan dengan 13 tembakan milik Man City dan tuan rumah juga belum mencatatkan tembakan yang mengarah tepat ke gawang Ederson.

Namun, gol bunuh diri Dias memberi mereka semangat! City sendiri baru dua kali mengarahkan tembakan tepat ke arah gawang karena sulitnya menembus pertahanan kuat Wolves. Babak pertama ditutup dengan skor 1-0 untuk keunggulan klub sepak bola Inggris yang bermarkas di Wolverhampton.

Babak Kedua

Di babak kedua pada menit 57, tim tamu melancarkan serangan dan berhasil mendapatkan tendangan bebas saat Bobb dilanggar oleh Gomes di tepi kotak penalti. Gomes terhindar dari kartu kuning, tetapi Neto mendapat kartu kuning karena protesnya.

Julian Alvarez yang menjadi eksekutor bersiap untuk tendangan bebas dari posisi sedikit ke kiri dari garis kotak penalti. Ia melihat Jose Sa yang sedikit terlalu jauh ke kiri, dan penyerang asal Argentina ini melepaskan tendangan ke sudut atas gawang! Merubah skor menjadi imbang 1-1!

Tak lama kemudian Gomes mengirimkan melewati Ake yang lengah dan Neto melesat melewatinya. Pemain sayap Wolves ini bersiap melepaskan tembakan ke arah gawang, tetapi Akanji datang dan berhasil menyapu bola.

Tendangan sudut City disapu menjauh di menit 66, tetapi Bobb mempertahankan serangan Wolves dan mengirimkan kembali bola dengan umpan panjang ke arah tiang jauh. Akanji mengalahkan Jose Sa dan mengarahkan bola menuju gawang yang tak terjaga, tetapi Dawson dengan sigap berlari ke garis gawang untuk menyapu bola sebelum melewati garis gawang!

Dan masih di menit yang sama, sebuah adegan luar biasa terjadi di Molineux, Semedo melakukan serangan dari sayap kanan dan mengirimkan umpan silang, Nathan Ake menghalau bola namun jatuh ke kaki Hwang Hee-chan. Tembakannya Hwang diblok, tetapi memantul ke Cunha, yang menyodorkan bola kembali kepada Hwang dan percobaan keduanya berhasil mengoyak gawang yang kosong, skor 2-1 Wolves kembali memimpin!

Wolves kewalahan menghadapi gempuran The Citizen yang sporadis berusaha mengejar ketertinggalan mereka, namun hingga waktu normal berakhir skor tetap bertahan 2-1 untuk kemenangan Wolves.

Susunan Pemain

Wolves

  • WOLVES (3-4-3): Jose Sa; Craig Dawson, Maximilian Kilman, Toti Gomes; Nelson Semedo, Mario Lemina, Joao Gomes, Rayan Ait-Nouri; Hwang Hee-chan, Matheus Cunha, Pedro Neto.
  • Cadangan: Dan Bentley, Matt Doherty, Santiago Bueno, Boubacar Traore, Fabio Silva, Sasa Kalajdzic, Jonny Otto, Pablo Sarabia, Joe Hodge.

Manchester City

  • MANCHESTER CITY (4-2-3-1); Ederson; Kyle Walker, Manuel Akanji, Ruben Dias, Nathan Ake; Mateo Kovacic, Matheus Nunes; Phil Foden, Julian Alvarez, Jeremy Doku; Erling Haaland.
  • Cadangan: Stefan Ortega, Scott Carson, Kalvin Phillips, Jack Grealish, Sergio Gomez, Josko Gvardiol, Oscar Bobb, Rico Lewis.

Klasemen Liga Inggris

Dengan kemenangan ini Wolves menempati posisi 13 klasemen Liga Inggris untuk sementara, sedangkan Manchester City masih bercokol di atas dengan 18 poin, Arsenal yang menang 3-0 di kandang Bournemouth menempel ketat dengan 17 poin.

Klasemen Liga Inggirs Pekan ke-7 Musim 2023-2024

 

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!