Jordan Henderson, Kunci Sukses Liverpool Musim Ini

Jordan Henderson, Kunci Sukses Liverpool Musim Ini

Gilabola.com – Liverpool kini seakan punya kekuatan khusus untuk mainkan semua formasi dan terus raih kemenangan jelang akhir musim ini.

Saat ini, tampaknya Jordan Henderson menjadi senjata terpenting Liverpool dalam upaya mereka meraih gelar juara. Ia bahkan telah terbukti menjadi kunci bagi pergantian taktik Jurgen Klopp di laga melawan Chelsea, di mana the Reds menang 2-0 dan kembali ke posisi teratas klasemen Liga Premier.

Sejauh musim ini, Liverpool sudah mainkan formasi 4-3-3, 4-2-3-1, 4-4-2 dan satu kali dengan formasi 4-4-1-1. Saat mereka menang atas Chelsea akhir pekan kemarin, pelatih Jurgen Klopp sekali lagi menunjukkan dinamika berbeda dari sistem yang biasa digunakan, dan kali ini the Reds berbagi dengan formasi 4-3-3.

Normalnya, the RedsĀ akan memiliki dua bek tengah di samping dua gelandang tengah. Sementara akan ada juga seorang gelandang serang dan kedua bek tengah akan siaga membantu penyerangan.

Tambahan di Lini Serang dan Tetap Solid di Belakang

Advertisement
advertisement
advertisement
Dewa303
Dewa303

Tapi setelah sedikit sulit lakukan perubahan, the Reds mampu masukkan opsi tambahan di lini serang tanpa membiarkan skuad mereka terlalu terbuka di wilayah belakang. Selain itu, hal ini juga cukup ampuh untuk menimbulkan kekacauan bagi empat bek Chelsea.

Mereka sebelumnya juga lakukan ini dengan hanya satu gelandang yang mengisi posisi Fabinho. Lalu, posisi Trent Alexander-Arnold akan dipotong dan ditempatkan di garis tengah yang dinilai bisa mendukungnya dan hasilkan perlindungan ekstra, sementara Naby Keita dan Henderson ditempatkan lebih ke depan.

Cara inipun bekerja dengan sempurna, karena dengan menempatkan Henderson begitu jauh ke depan, ia mampu pengaruhi permainan dengan cara yang tidak selalu bisa dilakukannya, jika ia berada di garis tengah.

Dia selalu bisa mengambil umpan dan punya ledakan energi saat bermain dengan atau tanpa bola. Tapi, kemungkinan besar dimensi permainan Henderson ini tak selalu dilihat,di mana ia bermain sebagai pemegang bola yang berada di dalam.

Henderson Buka Peluang Dua Gol ke Gawang Chelsea

Di Anfield malam tadi – di mana laga ini bisa menjadi permainan yang penentuan gelar, Henderson membantu menciptakan kedua gol dengan memanfaatkan posisinya yang teradaptasi lebih jauh di depan. Untuk gol pertama, tendangannya ke dalam kotak memungkinkan ia hasilkan umpan silang yang sempurna untuk Sadio Mane, yang akhirnya sukses mencetak gol dari jarak dekat.

Lalu pada gol kedua yang dibukukan Mohamed Salah, Henderson berhasil melangkah dengan cepat dan langsung melintasi Salah untuk ciptakan ruang baginya, yang kemudian hasilkan tendangan indahnya ke sudut atas gawang Kepa Arrizabalaga.

The Reds lakukan semua ini sambil menjaga 62 persen penguasaan bola dalam laga tersebut. Skuad Klopp pun sudah terus berkembang sepanjang musim ini, dan punya banyak cara bermain yang cukup menyulitkan lawan-lawannya.