Jose Mourinho Bantah Jual Mohamed Salah Saat di Chelsea

Jose Mourinho Bantah Jual Mohamed Salah Saat di Chelsea

Jose Mourinho lagi-lagi mengeluarkan pernyataan soal transfer Mohamed Salah. Ia kembali membantah bertanggung jawab dalam penjualan bintang asal Mesir tersebut saat ia masih melatih di Chelsea.

Chelsea datangkan Mohamed Salah dari Basel pada Januari 2014, saat klub kota London itu masih ditangani Jose Mourinho. Sayangnya, Mohamed Salah tak terlalu jadi andalan, bahkan hanya bermain dalam 19 pertandingan, sampai akhirnya dipinjamkan ke klub Italia, Fiorentina, setahun kemudian.

Salah memulai karir gemilangnya hingga saat ini, setelah ia kemudian dipinjamkan ke klub Italia lainnya, AS Roma. Tampil menawan bersama Giallorossi, membuat Roma kemudian jadikan Salah sebagai pemain tetap mereka pada musim panas 2016.

Salah baru kembali ke Liga Premier pada 2017, dan langsung menjadi bintang bersama Liverpool, hingga saat ini. Penyerang Mesir berusia 26 tahun itu bahkan berhasil menjadi Pemain Terbaik di Liga Premier saat ia baru jalani musim perdananya di Anfield.

Akui Membeli Salah, Tapi Tak Menjualnya

Advertisement
advertisement
advertisement
DepoToto
DepoToto

Belakangan, Jose Mourinho disebut-sebut sebagai orang yang patut disalahkan saat Chelsea menjual Salah ke Roma. Walau beberapa kali bantahan diungkapkan Mourinho yang sudah tinggalkan the Blues sejak 2016, namun kini Mourinho harus kembali mengeluarkan pernyataan serupa.

“Kita mulai saja dengan Salah, karena banyak hal tidak benar mengenai pemain itu. Orang banyak yang menganggap saya sebagai pelatih yang menjual Salah, padahal saya-lah yang membeli Salah. Itu sebuah kesalahan besar,” tegas Mourinho yang diusir Manchester United pada Desember lalu.

Mourinho pun menceritakan, bagaimana ia melihat Salah berlaga untuk Basel di Liga Champions. Salah, dikatakan Mourinho, saat itu masih remaja dan dia langsung suka dengan permainannya. “Saya yang kemudian membelinya,” tandas Mourinho.

Salah Tak Sabar Tunggu Giliran Bermain

Chelsea ketika itu sudah diperkuat Eden Hazard dan Willian yang juga jadi andalan di lini depan Chelsea. Tapi, digambarkan Mourinho, Salah bermain lebih sebagai seorang winger yang menusuk ke tengah dibandingkan seorang penyerang.

Sayangnya, Salah tak sabar menunggu untuk dapatkan kesempatan bermain. Mourinho bahkan menganggap, saat itu Salah seorang seorang anak laki-laki yang tersesat di sebuah kota besar bernama London.

Hingga akhirnya, Chelsea putuskan untuk meminjamkannya ke Fiorentina, dengan harapan Salah akan tumbuh seorang pemain yang bisa diandalkan secara taktik dan fisik. “Apalagi, Fiorentina tim yang bagus dan bermain tanpa tekanan untuk raih gelar juara. Kami pun putuskan untuk meminjamkannya ke klub itu,” ungkap Mourinho.

Akhirnya, soal penjualan Salah ke AS Roma, Mourinho tegaskan hal itu jadi keputusan Chelsea sebagai klub dan bukan dirinya. “Saat klub putuskan untuk menjual dia, itu bukan keputusan saya. Saya yang membelinya, saya tidak menjualnya,” tambah Mourinho yang juga pernah mengasuh Real Madrid, Inter Milan dan FC Porto tersebut.