Jose Mourinho: De Boer? Manajer Terburuk Sepanjang Sejarah Liga Inggris

Jose Mourinho, manajer Manchester United.
Jose Mourinho, manajer Manchester United.

Jose Mourinho balik mengejek Frank de Boer sebagai manajer terburuk sepanjang sejarah Liga Inggris setelah pria Belanda tersebut mengkritik jatah bermain Marcus Rashford, bintang Manchester United.

Penyerang asli Inggris itu sukses mencetak dua gol kemenangan bagi The Red Devils di pertandingan kontra Liverpool, Sabtu (10/03) malam WIB kemarin, yang berkesudahan 2-1 bagi tim tuan rumah.

Sementara United memantapkan posisi di peringkat kedua klasemen sementara, terpaut empat poin dari The Reds, Frank de Boer yakin Jose Mourinho tidak bisa menangani Rashford dengan baik.

“Sungguh disayangkan bahwa manajernya adalah Jose Mourinho, karena dia [Rashford] merupakan pemain asli Inggris dan Anda berharap dia dapat waktu [bermain lebih],” tutur De Boer pada BT Sport.

“Rashford masih sangat muda dan membutuhkan jatah bermain. Namun dia begitu bertalenta dan Anda selalu ingin menyaksikannya tiap pekan.”

Advertisement

Tidak terima dikritik seperti itu, Jose Mourinho mengungkit-ungkit kegagalan Frank de Boer di Liga Inggris kala menangani Crystal Palace pada awal musim ini.

“Saya membaca kutipan dari manajer terburuk sepanjang sejarah Liga Inggris, Frank de Boer. Tujuh pertandingan, tujuh kekalahan dan tidak bisa membuat satu pun gol,” balas Mourinho pada konferensi pers jelang pertemuan kedua babak 16 besar Liga Champions kontra Sevilla.

“Dia berkata bahwa tidak baik bagi Marcus Rashford dilatih oleh saya. Jika dia dilatih oleh Frank, Rashford akan bisa belajar soal kekalahan sebab De Boer selalu kalah di tiap pertandingan.”

“Kami mencoba memberikan pelajaran terbaik untuk para pemain muda. Tentu saja, soal Marcus, saya harus jujur dan memberikan pujian terhadap orang-orang di akademi yang bertanggung jawab atas pembentukan dia. Saya harus memberikan sanjungan untuk Louis van Gaal, yang bertanggung jawab atas musim pertamanya di tim utama.”

“Jika Anda memberikan angka-angka [statistik] dan berapa banyak pertandingan yang ia lakoni musim lalu dan musim ini, mungkin saya salah. Tapi saya mungkin berkata bahwa Rashford salah satu dari lima pemain yang paling banyak bermain di dua musim.”

“Hal terbaik bagi seorang pemain muda adalah menimba pengalaman dan Marcus menjalani pengalaman-pengalaman tersebut.”

Marcus Rashford diyakini akan menjadi bagian dari skuad tim nasional Inggris besutan Gareth Southgate di Piala Dunia 2018 Rusia nanti.

Apalagi dengan cederanya Harry Kane kala Tottenham Hotspur meraih kemenangan 4-1 atas Bournemouth kemarin, Jose Mourinho percaya Southgate mempunyai keyakinan yang tinggi terhadap Rashford.

“Saya rasa Gareth Southgate tidak masalah jika saya membuka beberapa menit obrolan kami soal Marcus,” tambah pria asal Portugal tersebut.

“Saya pikir kami sependapat. Dia [Rashford] sudah sering bermain untuk Manchester United. Dia menjadi pemain starter di beberapa laga dan sisanya dari bangku cadangan. Ia masih berusia 20 tahun.”

“Apakah dia merumput di tiap laga sebagai starter? Tentu saja tidak, tapi dia pemain yang kami percayai. Saya berkata demikian sebelum laga kontra Liverpool, kala banyak dari Anda bahkan tidak berharap dia menjadi starter.”

“Dia tampil sejak menit pertama dan melakoni laga dengan baik, dan saya tidak hanya berbicara soal gol-gol yang ia buat semata. Saya sangat puas dengan kinerja Marcus.”