Jose Mourinho Komentari Tuntutan Sadis FA Pada Alli

Jose Mourinho Komentari Tuntutan Sadis FA Pada Alli

Gilabola.com – Jose Mourinho komentari tuntutan sadis FA pada pemain klub Liga Inggris Tottenham Hotspur polesannya, Dele Alli.

Jose Mourinho dilaporkan The Times of India telah mengomentari tuntutan sadis yang dilontarkan pihak FA kepada Dele Alli. Pihak FA telah menyeret sang pemain ke meja hijau atas postingan berbau sara Alli soal virus Corona alias Covid-19 beberapa waktu yang lalu.

Alli sebelumnya sempat memposting video dengan maksud bercanda soal penyebaran virus itu dan berkaitan dengan ras Asia. Video singkat itu ia rilis saat mengisi waktu luang di masa jeda musim dingin.

Ia dengan cepat menyadari jika hal itu salah ia lakukan dan buru-buru menghapus video yang kadung viral itu. “Eh iya tidak lucu juga sih dan saya sudah langsung menghapusnya. Saya telah mempermalukan diri sendiri dan klub saya,” ujarnya dengan malu.

Advertisement
NelayanBet
NelayanBet
Mimpi 4D
Mimpi 4D

Pihak Asosiasi Sepakbola lantas menilai apa yang dilakukan Alli patut mendapatkan ganjaran. “Postingan yang dilakukan merupakan aksi ‘memperburuk situasi dengan melakukan pelanggaran (penghinaan)’, yang didefinisikan dalam aturan FA poin E3 (ayat 2), karena termasuk mereferensikan, baik secara tersurat maupun secara tersirat, kepada ras dan/atau warna kulit dan/asal etnis dan/atau kebangsaan orang atau pihak lain,” isi pernyataan pihak FA.

Jose Mourinho menilai hukuman untuk Dele Alli tidak perlu

Tidak main-main, hukuman atas pelanggaran ini bisa berupa larangan bertanding di 6 laga sekaligus. Dele Alli diberikan kesempatan sampai tanggal 5 Maret untuk menanggapi tuntutan dari pihak FA.

Mourinho lantas dengan hati-hati membela pemainnya yang baru membuat ulah banting botol minuman saat ditarik dari pertandingan tersebut. Mou menilai hukuman itu tidak perlu, karena toh Alli juga telah menghapus postingannya dan meminta maaf.

Ia memaklumi kesalahan yang dilakukan oleh Alli dan menyatakan jika sang pemain memang tidak punya niat buruk atas postingannya. Mou juga menegaskan jika Alli pasti menyadari betapa naifnya sang pemain saat membuat video tersebut.

Mou juga menjamin jika Alli bukan pemain yang suka berbuat rasis kepada orang-orang Asia atau ras lainnya. Alih-alih rasis, Alli bahkan Mourinho klaim merupakan fan sahabat Son Heung-Min. Mereka berdua merupakan sahabat yang tidak terlepaskan.

“Saya pikir tuntutan dan ancaman hukuman untuknya tidak perlulah. Dia juga mengerti betapa naifnya ia di situasi tersebut. Dia pemain yang baik kok. Dia bahkan punya rekan akrab berdarah Asia, Son Heung-Min yang ia sayangi,” bela Mou.