Juergen Klopp Pesimistis Soal Peluang Liverpool Pertahankan Gelar Juara

Gilabola.com – Juergen Klopp untuk pertama kalinya mengakui ia akan kesulitan membawa Liverpool mempertahankan gelar juara, atau bahkan sekedar masuk zona Liga Champions usai ditahan imbang Manchester United.

The Reds gagal mencetak gol dalam 348 menit terakhir pertandingan mereka di ajang Liga Inggris, saat imbang 0-0 versus Setan Merah di Anfield, hari Minggu yang lalu. Pada pekan yang sama, Manchester City dan Leicester City meraih kemenangan masing-masing sehingga Liverpool harus rela turun ke posisi empat klasemen dengan selisih dua poin dari kedua kesebelasan di atas, serta tiga poin di bawah Manchester United.

Klopp mengakui ia kesulitan untuk mempertahankan gelar juara Liga Inggris dan meminta kesabaran dari para suporter. “Saya selalu mengetahuinya. Pada musim kala kami meraih 97 poin, saya baru mulai memikirkan jadi juara ketika kami sudah dipastikan masuk ke kompetisi Liga Champions,” kata pria asal Jerman ini, seperti dikutip Daily Mail.

Advertisement

“Saya harus membawa masuk (Liverpool) ke Liga Champions dan saya sadar betapa sulitnya hal itu. Anda benar bahwa musim ini akan lebih sulit untuk bisa masuk posisi empat besar. Para fans sepak bola merupakan orang-orang paling tidak sabar di atas planet. Mereka ingin meraih kemenangan di setiap pertandingan.”

“Saya juga tidak beda dari mereka. Namun saya sudah cukup lama di dunia ini untuk mengetahui bahwa ada periode-periode sulit dan ini bukan periode yang paling sulit sepanjang hidup saya, bahkan tidak mendekatinya. Kita harus bersabar,” tambah Klopp.

“Liverpool sudah mengumpulkan banyak poin dan kami salah satu dari sekian banyak tim yang memperebutkan gelar juara dan itu lah target utamanya. Itu yang harus kami lakukan. Ini bukan soal ‘jika kami tidak jadi juara maka tidak menyenangkan lagi’. Tidak seperti itu. Kami berjuang untuk meraih segalanya. Saya fokus pada hari ini. Itu yang saya butuhkan,” tegasnya.