Jurgen Klopp Hadapi Pertanyaan Besar Usai Liverpool Disingkirkan Real Madrid

Gila Bola – Jurgen Klopp hadapi pertanyaan mengenai rekrutmen pemain setelah Liverpool disingkirkan Real Madrid di perempat-final Liga Champions.

Liverpool punya kesempatan untuk menang dan membalikkan situasi di Anfield, tapi laga berakhir imbang 0-0 dan mereka kandas 3-1 di Madrid, hingga cukup bagi Los Blancos untuk menyingkirkan The Reds di perempat-final Liga Champions.

Musim penuh penaklukan The Reds yang telah membawa mereka meraih gelar juara liga pertama dalam 30 tahun terakhir, tampaknya sudah berakhir setelah mereka disingkirkan Real Madrid dalam laga yang digelar di Anfield yang kosong tanpa penonton.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
TOTOBET
TOTOBET

Perjuangan skuad Jurgen Klopp musim ini hanya menyisakan perburuan tempat di posisi empat besar Liga Premier, yang akan membawa mereka kembali ke kompetisi tim-tim elit Eropa musim depan. Mereka harus bisa meraihnya jika ingin menyelamatkan musim yang mengecewakan dan dipenuhi cedera pemain saat ini.

Saat para pemain Zinedine Zidane merayakan keberhasilan mereka mengamankan tiket ke semi-final dan bersiap hadapi Chelsea, Klopp harus merenungkan kegagalan timnya dalam waktu 12 bulan terakhir.

Dia pasti akan hadapi komplen dari para suporter The Reds yang frustrasi, dan memaksanya untuk mengubah skuad yang telah melayaninya dan juga klub dengan menakjubkan dalam beberapa musim terakhir. Fans memang langsung berkicau di media sosial hanya beberapa saat setelah Liverpool tereliminasi.

Jurgen Klopp, tentunya, akan waspada terhadap reaksi berlebihan. Liverpool sudah meraih banyak prestasi dan punya begitu banyak pemain papan atas untuk itu, walaupun tak berarti dia tak punya pertanyaan serius untuk dipertimbangkan.

Lalu, pertanyaannya, apakah skuad Liverpool benar-benar butuh perombakan besar-besaran, atau hanya lakukan sedikit pembenahan saja?

Sebuah tim sebagus The Reds tampaknya tak mungkin untuk lakukan pembenahan lagi, namun wajah-wajah segar bisa memunculkan momentum, pembaruan dan sebuah suasana baru, di mana tim ini sudah bersama-sama untuk waktu yang cukup lama.

Saat Liverpool dan Real Madrid bertemu di final Liga Champions di Kiev pada tahun 2018, line-up skuad Jurgen Klopp sudah melibatkan tujuh pemain yang menjadi starter dalam laga di Anfield dini hari tadi.

Komplikasi barangkali muncul jika Liverpool tak masuk zona Liga Champions untuk musim depan, sebuah kemungkinan besar karena mereka saat ini berada di posisi enam – tiga poin di belakang West Ham yang sangat mengejutkan berada di peringkat empat.

Kemungkinan turunnya The Reds ke kompetisi Eropa yang lebih rendah kemungkinan akan melatih pemikiran para pemain seperti Mohamed Salah.

Diogo Jota sejauh ini menjadi sukses besar bagi The Reds sejak ia didatangkan Jurgen Klopp dari Wolves. Liverpool memandangnya telah menawarkan kompetisi, waktu rehat dan dukungan untuk ketiga penyerang utama mereka musim depan, walaupun Roberto Firmino harus berjuang ekstra untuk mempertahankan posisinya dari pemain asal Portugal tersebut.

Namun, bahkan jika Liverpool tak berhasil merambah posisi Liga Champions di musim ini, BBC Sport menyatakan, inilah saat yang tepat untuk lakukan penilaian terukur dan perekrutan yang penuh kehati-hatian, dibandingkan menghancurkan kesuksesan yang pernah membawa Klopp serta para pemainnya berjaya di ajang Eropa maupun domestik dalam dua musim sebelumnya.