Jurgen Klopp Jadi Manajer of the Year Walau Liverpool Tak Juara

Jurgen Klopp Jadi Manajer of the Year Walau Liverpool Tak Juara

Gilabola.com – Jurgen Klopp layak mendapat penghargaan Manajer Terbaik Musim Ini, walaupun Liverpool gagal merebut gelar juara dari tangan Manchester City.

Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, sebelumnya mengklaim Liverpool telah ‘bermain tanpa tekanan’ dalam beberapa bulan terakhir, karena perburuan gelar Liga Premier belum ada di tangan mereka.

Namun, Jurgen Klopp tak mau terlibat dalam perang kata-kata dengan Guardiola, terkait pernyataan koleganya tersebut. “Semua menghormati City atas apa yang telah mereka lakukan musim ini. Saya tidak tahu siapa yang memiliki lebih banyak tekanan atau apapun itu, baik dari luar dan kita di sini,” ujar Klopp.

Pernyataan Klopp itu menjadi respons berkelas. Nyatanya, Liverpool bisa membawa perburuan gelar juara Liga Inggris hingga ke hari terakhir, dan itu benar-benar sesuatu yang tak biasa.

Kembali Bersaing di Eropa

Advertisement
advertisement
advertisement
DepoToto
DepoToto

Sejak raih hasil imbang dalam laga di Old Trafford, 24 Februari silam, the Reds telah kantongi 28 poin dari kemungkinan 30. Selama periode itu, Klopp telah menyulap sumber dayanya dengan kemampuan seorang ahli, yang bukan hanya pertahankan tantangan di dalam negeri, tapi juga bersaing di ajang Eropa melawan tim-tim besar seperti Bayern Munchen, Porto dan Barcelona.

Sedangkan City yang telah mengemas 13 kemenangan liga berturut-turut, memiliki lebih banyak waktu untuk rehat dan pulihkan kondisi mereka setelah gagal melewati babak delapan besar terakhir Liga Champions.

Buah dari kerja keras pelatih asal Jerman tu terlihat saat the Reds berhasil kalahkan Barcelona pada tengah pekan ini. Momen itu menjadi malam terbesar yang pernah disaksikan Anfield – salah satu tim yang berhasil membalikkan situasi defisit 0-3 di leg pertama semi final.

Pertama Kalinya Tak Terkalahkan

Klopp telah membentuk tim dalam citranya sendiri yang berhasil berikan segalanya untuk tujuan itu. Sekaligus, menggembleng fanbase dan memanfaatkan kekuatan Anfield untuk akhirnya menang atas sebuah tim raksasa.

Klopp bahkan menjadi manager pertama yang berhasil membawa the Reds melaju ke final Liga Champions untuk dua musim berturut-turut sejak Joe Fagan.

Bersama Klopp, the Reds berhasil kumpulkan 94 poin dan hanya menderita satu kekalahan di ajang liga sepanjang masa, jelang pertandingan liga terakhir melawan Wolves, Minggu (12/5) ini.

The Reds berada di ambang tak terkalahkan di kandang dalam musim penerbangan berturut-turut untuk pertama kalinya dalam 39 tahun terakhir. Itulah sebabnya, Klopp layak dinobatkan sebagai Manajer Terbaik Musim Ini, sekalipun the Reds akhirnya gagal mereka gelar juara dari City.