Jurgen Klopp: Jadwal Piala Afrika Berimbas Buruk Pada Liverpool

Jurgen Klopp: Jadwal Piala Afrika Berimbas Buruk Pada Liverpool

Jurgen Klopp percaya perubahan jadwal kompetisi Piala Afrika kembali ke bulan Januari akan memberikan imbas buruk pada Liverpool karena tiga pemain benua itu akan absen dari skuad The Reds.

Turnamen akbar tersebut awalnya dijadwalkan pada musim panas 2021 oleh tuan rumah Kamerun. Tapi jadwal tersebut bentrok dengan ajang Piala Dunia Antarklub 2021 yang berlokasi di China dan dipergunakan sebagai pengganti Piala Konfederasi.

Namun bukan itu alasan Kamerun mengubah kembali jadwal perhelatan Piala Afrika, akan tetapi cuaca yang panas pada bulan Juli-lah yang menjadi perkara. Oleh karenanya tuan rumah memutuskan untuk menggelar Piala Afrika kembali seperti sedia kala, yaitu pada Januari tahun depan.

Sontak keputusan tersebut disesalkan Jurgen Klopp, sebab ia akan kehilangan Sadio Mane, Mohamad Salah dan Naby Keita selama kurang lebih laga Liga Inggris.

Advertisement
berita bola
jadwal bola
Mimpi 4D
Mimpi 4D

“Piala Afrika akan kembali ke Januari, bagi kami itu bencana,” kata pria asal Jerman ini. “Kami tidak akan menjual Mane, Mo atau Naby semata-mata karena turnamen pada Januari dan Februari tersebut.”

“Namun jika Anda harus membuat keputusan mendatangkan satu pemain baru, itu akan jadi perkara besar sebab sebelum musim digelar Anda sudah tahu Anda akan kehilangan mereka selama empat pekan. Sebagai klub Anda harus mempertimbangkan hal-hal seperti itu.”

Bukan hanya jadwal turnamen Piala Afrika saja yang dikeluhkan Jurgen Klopp, tapi padatnya pertandingan yang harus dilakoni Liverpool pun disayangkannya.

Dalam satu bulan terakhir The Reds harus melakoni babak perempat-final dan semi-final Piala Liga, menjalani laga Piala FA dengan satu laga replay, lalu bertolak ke Qatar untuk jalani Piala Dunia Antarklub.

“[Piala Afrika kembali ke Januari] Ini adalah penyia-nyiaan waktu terbesar. ‘Si Tukang Ngeluh dari Liverpool’ atau apa pun itu sebutan [untuk saya] telah kembali [komplain],” tambah Klopp.

“Selama segalanya tidak berubah, saya akan terus mengatakannya. Ini sepenuhnya soal para pemain, tidak ada satu pun soal saya. Ada banyak hal yang harus diurusi tapi semua orang ini [pembuat kebijakan] tidak pernah duduk satu meja dan membuat jadwal yang pantas.”