Kehilangan Harry Maguire Bakal Lebih Merugikan Inggris Ketimbang Harry Kane

Gila Bola – Harry Kane boleh saja disebut sebagai salah satu striker terbaik di dunia dan saat ini merupakan kapten tim Inggris, tapi Harry Maguire jauh lebih penting bagi skuad asuhan Gareth Southgate.

Itulah klaim legenda Manchester United Gary Neville, yang mengklaim bahwa kehilangan Harry Maguire akan lebih besar dampaknya bagi Inggris di Euro 2020 musim panas mendatang daripada jika mereka harus tanpa Harry Kane.

Bos Inggris Gareth Southgate telah melakukan langkah awal pada seleksi skuadnya jelang Piala Eropa musim panas mendatang dalam seleksinya untuk skuad Kualifikasi Piala Dunia 2022 lalu, dan dia hanya akan memiliki sedikit waktu lagi untuk mematenkan skuadnya untuk Euro 2020.

Advertisement
QQCepat
QQCepat

Di antara banyak bakat hebat di skuad The Three Lions saat ini, ada beberapa pemain yang nyaris bisa dipastikan akan aman selama tidak ada hal luar biasa yang terjadi seperti masalah cedera, termasuk kapten Spurs Harry Kane dan skipper Manchester United Harry Maguire.

Sejauh ini penyerang Tottenham Hotspur telah mencatatkan 53 caps dan 34 gol untuk timnas Inggris sejak debutnya pada 27 Maret 2015, sementara bek termahal dunia milik Manchester United sudah mengemas 32 caps dan menyumbang tiga gol sejak debut pada 8 Oktober 2017.

Menawarkan pemikirannya untuk timnas Inggris jelang Euro 2020 mendatang, legenda The Red Devils yang kini bekerja sebagai pundit Gary Neville menyebut bahwa Harry Maguire merupakan sosok yang lebih krusial di skuad asuhan Gareth Southgate ketimbang Harry Kane.

“Saya selalu membayangkan kehilangan seorang pemain dalam sebuah tim,” kata Gary Neville di Sky Sports. “Jika Anda kehilangan Harry Maguire di timnas Inggris. Itu adalah masalah besar bagi Gareth Southgate. Saya pikir itu adalah masalah terbesarnya.”

“Anda mungkin masih memiliki John Stones sebagai bek tengah lainnya, tapi siapa yang akan bermain bersamanya? Bayangkan jika Stones harus bermain dengan [Tyrone] Mings, atau Stones dan [Conor] Coady, atau Stones dan [Eric ] Dier. Saya tidak bisa membayangkan opsi itu.”

“Untuk skuad ini memang Harry Kane adalah pemain terbaik di skuad, tetapi jika Gareth Southgate ingin memiliki empat bek dan bermain dengan formasi 4-3-3, satu-satunya kesempatan untuk melakukan itu adalah menjaga kebugaran Harry Maguire.”

Tentu saja pemikiran Gary Neville cukup wajar karena stok penyerang tengah berkualitas Inggris jauh lebih banyak ketimbang opsi bek tengah. Jika Harry Kane absen, Inggris masih punya Danny Ings, Dominic-Calvert-Lewin, Ollie Watkins, Tammy Abraham, atau bahkan bisa menempatkan duo United Marcus Rashford dan Mason Greenwood sebagai opsi. Namun di bek tengah, kualitas Tyrone Mings, Conor Coady, apalagi Eric Dier masih sulit disebut sebagai pemain kelas dunia.