Kembali ke Newcastle? Rafa Benitez Malah Berharap Balik Liverpool

Gilabola.com – Rafa Benitez tak akan kembali ke Newcastle setelah ia tinggalkan klub China akhir bulan lalu. Pelatih asal Spanyol itu malah berharap kembali ke Liverpool.

Hal ini ditegaskan jurnalis asal Spanyol yang juga seorang pundit, Guillem Balague. Benitez memang berstatus bebas agen setelah ia pergi dari Dalian Professional akibat kesulitan yang dialami klub tersebut akibat pandemi.

Pelatih berusia 60 tahun itu kemudian dikaitkan dengan posisi kosong di Celtic, setelah Neil Lennon mengundurkan diri pada Rabu (24/2) pagi waktu setempat, setelah The Hoops diyakini gagal menyabet gelar juara Liga Skotlandia untuk 10 kali berturut-turut.

Advertisement
QQCepat
QQCepat

Lalu, Rafa Benitez juga diisukan akan kembali ke klub lamanya,¬†Newcastle, yang saat ini sedang terpuruk. Ia tinggalkan The Magpies pada tahun 2019 setelag gagal menyetujui kesepakatan baru dengan pemilik klub, Mike Ashley. Namun saat ini pelatih yang menggantikannya, Steve Bruce, telah hadapi tekanan besar di St James’ Park.

Sementara hirarki Newcastle tetap mendukung Bruce, sebagian besar suporter klub tersebut justru mendesak agar klub mengganti sang pelatih. Benitez pun masuk dalam daftar pelatih yang diinginkan fans.

Walau bekerja dengan sumber daya yang terbatas selama ia mengasuh klub yang berbasis di timur laut Inggris tersebut, Benitez berhasil membawa timnya catatkan persentase kemenangan hampir 43 persen – sementara Bruce hanya 30 persen, walaupun Benitez pernah melewatkan satu musim di Championship sebelum akhirnya membawa kembali timnya ke Liga Premier dengan memenangkan gelar juara divisi dua.

Sampai saat ini, Rafa Benitez tetap menjadi pelatih ngetop di kawasan Tyneside. Namun Balague mengatakan, rekan senegaranya itu tak akan kembali ke Newcastle dalam waktu dekat, selama Mike Ashley masih ada di klub tersebut.

Balague malah mengatakan, Benitez akan sangat senang jika bisa kembali ke Liverpool, setelah ia sempat menikmati masa jabatan sebagai pelatih – yang paling lama, ketika bersama The Reds pada tahun 2004 hingga 2010.

Benitez pula yang pernah membawa skuad Anfield meraih kemenangan yang ikonik di final Liga Champions 2005 di Istanbul, dan kemenangan di Piala FA pada tahun berikutnya.

Liverpool juga berhasil mencapai final Liga Champions pada tahun 2007, walau AC Milan berhasil membalaskan dendam mereka di Athena. Skuad asuhan Rafa Benitez kemudian menjadi penantang gelar Liga Premier di musim 2008/09, meskipun hanya bisa menduduki peringkat dua di bawah Manchester United.

Benitez tinggalkan Anfield pada bulan Juni 2010 karena kesepakatan bersama. Ia kemudian bertualang ke banyak klub papan atas, yakni Inter Milan, Chelsea, Napoli, Real Madrid, Newcastle dan Dalian Pro.

Kini, pelatih 60 tahun itu berharap ia akan kembali ke Liverpool. Walaupun menurut Balague, seperti yang dilansir Express, Benitez tak akan datang dalam waktu dekat ini, karena Jurgen Klopp masih terikat kontrak di Anfield hingga tahun 2024, dan diyakini akan tetap aman walaupun kondisi timnya sedang kacau-balau akibat dibekap cedera.