Legenda Chelsea Siap Gantikan Antonio Conte

Antonio Conte

Legenda Chelsea Gianfranco Zola tak menampik bahwa dirinya ingin menjadi pelatih baru The Blues menggantikan sosok Antonio Conte.

Antonio Conte tengah menghadapi tekanan dalam musim keduanya duduk sebagai pelatih Chelsea. Di musim pertama, Conte sukses menghadirkan gelar juara Liga Inggris bagi Chelsea, namun beberapa masalah yang dihadapi klub termasuk menurunnya performa mereka di awal musim ini menyebabkan muncul berbagai isu terkait pemecatan dirinya.

Chelsea sendiri sudah dikenal sebagai klub yang gemar gonta ganti pelatih. Sejak tahun 2002, Chelsea sudah merasakan sentuhan sejumlah pelatih yaitu Gianluca Vialli, Claudio Ranieri, Jose Mourinho, Avram Grant, Guus Hiddink, Carlo Ancelotti, Roberto Di Matteo, Rafael Benitez dan terakhir Antonio Conte.

Antonio Conte sendiri diketahui tidak menyukai kebijakan dari manajemen Chelsea yang kerap turut campur dalam menjual atau mendatangkan pemain, termasuk saat mereka melepas Nemanja Matic ke Manchester United yang ditentang keras oleh Conte.

Advertisement
advertisement
advertisement
Mimpi 4D
Mimpi 4D

Manajemen Chelsea sendiri dikabarkan tak senang dengan sikap Conte dan tengah mempersiapkan beberapa nama calon penggantinya. Meski Zola sendiri tak menolak jika diberikan tanggung jawab sebagai pelatih baru, namun ia merasa sejauh ini Conte sudah bekerja dengan baik.

“Ini adalah pertanyaan yang sudah memiliki jawaban pasti,” ujar legenda Chelsea itu dalam sebuah peluncuran restoran barunya di daerah London dan berdekatan dengan Stamford Bridge.

“Bagi saya, Chelsea akan selalu menjadi bagian besar dalam hidup saya, namun saya rasa Antonio [Conte] sudah melakukan pekerjaannya dengan baik dan selama seseorang melakukan pekerjaannya dengan baik bagi klub maka kita semua sangat bahagia dengan hal itu. Kita tunggu saja apa yang akan terjadi nanti.”

Sementara itu, Zola menilai bermain di Liga Champions musim ini membuat Chelsea sedikit kesulitan. Namun ia yakin Chelsea mampu mencapai target mereka selama beberapa pemain kunci mereka bisa terhindar dari cedera di sisa musim ini.

Zola juga merasa masih terlalu dini untuk menunjuk siapa tim yang akan menjadi juara Liga Inggris meski Manchester City muncul sebagai tim favorit setelah unggul delapan poin di puncak klasemen dari Manchester United di peringkat kedua.

“Tentu ada tekanan tambahan dari kompetisi Eropa,” lanjut Zola. “Musim lalu mereka memiliki waktu sepanjang pekan untuk mempersiapkan masing-masing pertandingan di Liga Inggris, yang mana itu sangat membantu. Mereka juga tidak menghabiskan banyak energi seperti yang mereka lakukan musim ini.”

“Selain itu juga para pesaing [gelar juara] di Liga Inggris telah memperbaiki diri mereka. Mereka sudah mendatangkan beberapa pemain yang sangat bagus. Masih terlalu dini untuk mengatakan siapa yang akan memenangkannya namun tentu saja ada sepertinya ada satu tim yang tengah melaju di depan dan tim lainnya harus mengejar ketertinggalan.”

“Ketika anda bermain di semua kompetisi maka jelas Anda membutuhkan sedikit kedalaman [dalam skuad Anda]. Ada beberapa pembicaraan [di Chelsea] mengenai hal itu sepanjang musim panas kemarin. Sejauh ini terlihat baik-baik saja bagi saya.”

“Saya tidak yakin pelatih merasa dia sudah memiliki skuad yang cukup dalam, namun jelas mereka memiliki kualitas. Jika Chelsea tidak mendapatkan terlalu banyak cedera dan larangan bermain, saya rasa tim ini akan cukup kuat [untuk bersaing meraih gelar juara].”

Zola menambahkan: “Masih ada jalan panjang yang harus dilalui. Di sebuah liga seperti di Inggris, saya rasa Desember adalah bulan yang krusial di mana akan ada banyak pertandingan yang harus dimainkan.”

“Musim ini Chelsea terlibat dalam Liga Champions dan mereka harus berhadapan dengan dua kompetisi. Saat ini mereka baik-baik saja, namun lebih jauh musim ini berjalan, saya rasa mereka akan memiliki beberapa masalah. Cedera dan performa para pemain kunci akan memainkan peran besar. Masih ada jalan yang panjang untuk dilalui dan tidak ada yang harus merasa keluar [dari persaingan].”