Leicester Harusnya Dapat Satu Penalti, Tapi Manchester City Menang 0-1

Leicester Harusnya Dapat Satu Penalti, Tapi Manchester City Menang 0-1

Leicester City harusnya dapat satu penalti, tapi Manchester City akhirnya menang 0-1 melalui gol Gabriel Jesus pada laga Liga Inggris pekan 27 di King Power Stadium pada Minggu (23/2) dinihari.

Striker Brasil Gabriel Jesus turun dari bangku cadangan pada menit 77 dan selang tiga menit kemudian berhasil mencetak gol ke gawang Leicester yang menyelamatkan Manchester City dan memberi skuad asuhan Pep Guardiola itu tiga poin yang sangat penting, guna menjauhkan diri dari kejaran The Foxes.

Namun fokus pembahasan besok pagi akan berpusat pada ketidakadilan yang ditanggung oleh The Foxes. Leicester harusnya dapat satu penalti setelah Kevin de Bruyne handball pada pertengahan babak pertama. Adegan tendangan bebas Leicester City pada menit 29 itu terbukti mempengaruhi hasil akhir.

Sebuah free-kick diambil oleh James Maddison, yang mengincar pojok kiri atas gawang Ederson Moraes tapi bola dengan keras menghantam tangan Kevin de Bruyne, yang berdiri menjadi salah satu dari empat pemain dinding manusia. Sang gelandang Belgia berusaha menghalangi mukanya terkena hantaman bola.

Advertisement
berita bola
jadwal bola
Mimpi 4D
Mimpi 4D

Para pemain The Foxes protes keras ke wasit Paul Tierney soal itu tapi sang pengadil mengabaikannya. Ia bahkan tidak merasa perlu untuk memeriksa layar VAR (video asisten wasit) guna melihat ulangan dari adegan tadi. Lihat foto di atas, selang sepersekian detik sebelum bola menghantam tangan Kevin de Bruyne.

Insiden handball yang diabaikan wasit itu terbukti menjadi penentu pertandingan setelah satu tendangan penalti yang dihadiahkan wasit bagi Manchester City pada menit 62 gagal dilesakkan oleh Sergio Aguero dan Gabriel Jesus turun sebagai pemain pengganti pada menit 77 untuk mencetak gol kemenangan bagi The Skyblues.

Aguero pada menit 62 mengincar sisi kiri gawang Kasper Schmeichel tapi kiper itu membanting tubuhnya untuk menggagalkan tendangan penalti sang striker Argentina. Aguero kemudian ditarik keluar menit 77, digantikan oleh Gabriel Jesus. Sang striker Brasil menjemput satu umpan terobosan dari Riyad Mahrez, menggocek bola mengecoh kiper Schmeichel sebelum melepaskan serangan mendatar yang mengubah papan skor menjadi 0-1 bagi keunggulan Manchester City.

Tidak ada gol lagi. Dengan kemenangan ini maka pasukan Guardiola mengantongi 57 poin, menjauhkan jarak tujuh poin di atas Leicester yang berada di ranking ketiga klasemen Liga Inggris.

Starting XI Leicester vs Man City

Leicester City : Schmeichel, Soyuncu, Evans, Fuchs, Ricardo Pereira, Maddison, Tielemans, Praet, Chilwell, Iheanacho, Vardy. Cadangan: Justin, Morgan, Albrighton, Ward, Barnes, Perez, James.

Manchester City : Ederson, Walker, Fernandinho, Laporte, Mendy, Rodri, Mahrez, Gundogan, De Bruyne, Bernardo Silva, Aguero. Cadangan: Bravo, Stones, Gabriel Jesus, Silva, Joao Cancelo, Otamendi, Foden.