Liga Inggris Ikut Bubar, Susul Serie A, La Liga, Champions League

Semua mata tertuju ke Bundesliga setelah Liga Inggris ikut bubar, menunda semua pertandingan sampai dengan 4 April. Sebelum ini Serie A dan La Liga sudah menyatakan menunda semua laganya. Juga Ligue 1 Prancis.

Pengumuman penundaan semua pertandingan Premier League disampaikan sekitar 20 menit lalu waktu Indonesia, jam 18.00, setelah sejumlah tokoh penting dan perwakilan klub bertemu dalam rapat darurat Jumat pagi waktu Inggris. Keputusan berikut soal lanjut atau tidaknya kegiatan di Liga Inggris akan diambil pada 4 April, melihat kondisi masyarakat di Inggris, seberapa buruk situasi akibat wabah penyakit coronavirus Covid-19 ini.

Sebenarnya bukan hanya Premier League saja tapi semua kegiatan sepak bola di divisi tearas Inggris, termasuk EFL dan pertandingan di Liga Super Wanita FA dan Championship Wanita telah ditunda. Premier League menegaskan bahwa pertandingan ditunda atau dilanjutkan akan diputuskan pada 4 April “tergantung saran dan kondisi medis saat itu”.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
TOTOBET
TOTOBET

PSSI-nya Inggris, FA, mengatakan pertandingan persahabatan timnas Inggris melawan Italia pada 27 Maret dan melawan Denmark empat hari kemudian juga dibatalkan. EFL, yang berharap untuk melanjutkan permainan kemarin, mengatakan klub juga disarankan untuk menangguhkan “kegiatan tidak penting” seperti “penampilan pemain, latihan, dan pertemuan dengan para penggemar.”

Usai rapat dengan 20 klub, otoritas Premier League mengatakan: “Dengan suara bulat diputuskan untuk menunda Liga Inggris dan bermaksud untuk kembali pada 4 April, tergantung pada saran dan kondisi medis pada saat itu.”

Channel Gilabola di Youtube

CEO Premier League Richard Masters menjelaskan bahwa situasi yang semua orang hadapi pada saat ini adalah “sesuatu yang belum pernah terjadi sebelumnya” dan menambahkan: “Kami mendoakan agar Mikel Arteta dan Callum Hudson-Odoi pulih dengan cepat, dan semua orang yang terkena dampak Covid-19.”

“Dalam situasi yang belum pernah terjadi sebelumnya ini, kami bekerja sama dengan klub, pemerintah, FA dan EFL dan untuk dapat meyakinkan semua orang bahwa kesehatan dan kesejahteraan pemain, staf, dan pendukung adalah prioritas kami.”

“Liga Inggris akan menjadwal ulang jadwal pertandingan yang ditunda, termasuk yang dimainkan oleh pihak akademi, ketika situasi sudah aman untuk dilanjutkan. Dalam lingkungan yang bergerak cepat ini, update lebih lanjut akan diberikan saat yang tepat.”

Inggris menduduki urutan 16 dalam klasemen Coronavirus ini, mencatatkan 590 kasus dan 10 kematian sampai dengan Jumat (13/3) petang. Jumlah ini termasuk kecil jika dibandingkan dengan Italia yang sudah melampaui 15.000 kasus dengan 1.016 kematian sejauh ini. Bundesliga di Liga Jerman kini menjadi satu-satunya dari lima liga elit Eropa yang masih menjalankan aktivitas sepak bola akhir pekan ini.

AHABET
AHABET