Liverpool Dua Kecewa, Dua Kali Pula Bangkit dan Menang 4-3

Liverpool Dua Kecewa, Dua Kali Pula Bangkit dan Menang 4-3

Liverpool dua kali kecewa, namun berhasil bangkit dan menang 4-3 atas Crystal Palace pada pekan ke-23 Liga inggris, Sabtu (19/1) malam berkat dua gol Mohamed Salah dan satu dari Roberto Firmino.

The Reds tertinggal 0-1 dan kemudian berbalik unggul 2-1 sebelum disamakan 2-2. Tapi jelang menit-menit akhir pertandingan di Anfield ini, Mohamed Salah menjadi pahlawan dan mencetak gol kemenangan. Pada detik-detik akhir pertandingan, Sadio Mane dan Max Meyer menambahkan gol di kedua ujung lapangan, mengubah skor menjadi 4-3.

The Reds yang main di kandang sendiri di Anfield dikejutkan oleh gol Andros Townsend pada menit 34. Gol pertama dari Crystal Palace ini tidak mencerminkan jalannya pertandingan dengan Liverpool tampil sangat dominan selama 30 menit pertama. Tapi tim tamu memperoleh bola dan melancarkan satu serangan balik kilat.

Wilfried Zaha berlari kencang dan berhasil melewati James Milner di sisi kanan lapangan sebelum mengumpan ke depan sedikit di luar kotak, di mana Townsend berlari kencang dan melakukan sliding, mengirim bola ke bawah Alisson Becker yang maju, berusaha menutup ruang. GOL! 0-1!

Advertisement
advertisement
advertisement
DepoToto
DepoToto

Untuk memperlihatkan betapa mengecewakannya gol pertama tadi, Anda harus melihat statistik pertandingan. Liverpool menguasai bola sampai dengan 73%, dengan dua tembakan on target, tapi Palace justru mencetak gol pertama dari peluang kedua mereka sepanjang 45 menit pertama. Tak ada gol sampai peluit turun minum ditiup.

Entah ceramah apa yang disampaikan oleh Jurgen Klopp di ruang ganti, tapi segera setelah babak kedua dimulai, hanya berselang beberapa belas detik saja, Mohamed Salah mencetak gol penyama kedudukan. Gol ini berawal dari satu tendangan jarak jauh Virgil Van Dijk yang gagal ditangkap secara sempurna oleh kiper Julian Speroni. Bola memantul cukup keras dan kiper Crystal Palace itu terjebak dalam dilema. Maju ke depan merebut bola atau bertahan di dekat garis gawang. Mohamed Salah memanfaatkan kebimbangan itu untuk menyambar bola dan mencetak gol balasan Liverpool. GOL! 1-1!

Hanya selang tujuh menit kemudian striker Brasil Roberto Firmino menggandakan keunggulan Liverpool. Entah bagaimana ia dibiarkan sendirian dangan keleluasaan waktu dan ruang, memperoleh assist dari Naby Keita, dan kemudian memilih sudut terjauh gawang. Tembakan mendatarnya sempat terkena ujung jari Julian Speroni tapi masuk. GOL! 2-1!

Tempo permainan menurun dengan drastis dan para pemain Palace menghukum The Reds dengan gol keduanya. Satu tembakan Jordan Ayem diblokir dan keluar, menghasilkan tendangan sudut pertama bagi tim tamu yang dimanfaatkan secara cermat. James Tomkins yang berdiri di tiang jauh tanpa penjagaan menanduk bola rendah ke tengah gawang dan GOL! 2-2! Gol ini akan sangat menyakitkan para pemain Liverpool dan juga Jurgen Klopp. Jika gagal mencetak gol kemenangan maka The Reds hanya berjarak lima poin saja di atas juara bertahan Manchester City.

Namun ketika semua orang merasa laga Liga Inggris ini akan usai dengan skor 2-2, Mohamed Salah muncul sebagai pahlawan The Reds, mencetak gol kemenangan pada menit 75. Gol ini berawal dari congkelan James Milner ke arah gawang, yang berusaha ditepis ke atas mistar gawang oleh Julian Speroni tapi gagal. Bola jatuh dan disambar Salah! GOL! 3-2!

Pada detik-detik terakhir masa extra time, Sadio Mane menambahkan satu gol lagi setelah James Milner diusir keluar untuk kartu kuning keduanya. Dan Max Meyer menambahkan satu gol bagi tim tamu. Hasil pertandingan Liverpool vs Crystal Palace usai dengan skor akhir 4-3. Liverpool kini menjauh tujuh poin di atas juara bertahan Manchester City.

Susunan Pemain

Liverpool : Alisson, Milner, Matip, van Dijk, Robertson, Henderson, Fabinho, Mane, Firmino, Keita, Salah. Cadangan: Sturridge, Moreno, Lallana, Mignolet, Shaqiri, Origi, Camacho. 

Crystal Palace : Speroni, Wan Bissaka, Tomkins, Sakho, Van Aanholt, Kouyate, Milivojevic, McArthur, Townsend, Ayew, Zaha. Cadangan: Dann, Meyer, Schlupp, Benteke, Wickham, Kelly, Tupper.