Liverpool Harusnya Menang 4-0, The Reds Kini Menjauh 16 Poin

Liverpool Harusnya Menang 4-0, The Reds Kini Menjauh 16 Poin

Liverpool harusnya menang 4-0 dengan gol Roberto Firmino dianulir, satu peluang emas Mohamed Salah hilang, dan satu tendangan keras Jordan Henderson membentur tiang. Tapi yang penting kini The Reds menjauh 16 poin di puncak klasemen.

Sang pemimpin klasemen Liga Inggris kini menjauh 16 poin dari pesaing terdekatnya Manchester City di urutan kedua klasemen setelah menang 2-0 atas Manchester United pada hari Minggu (19/1) malam. Satu-satunya gol dicetak oleh sundulan kepala bek tengah Virgil Van Dijk pada sebuah situasi sepak pojok.

Laga Liverpool vs Manchester United harusnya menjadi laga bigmatch yang sengit tapi kenyataan di lapangan memperlihatkan ketidakseimbangan antara keduanya. Sebagai perbandingan, sampai dengan menit 55 laga di Anfield ini saja sudah ada 12 tembakan dilepaskan oleh anak-anak Juergen Klopp, dengan delapan serangan terjadi di dalam kotak penalti. Pada kurun waktu yang sama Setan Merah hanya mendapatkan tiga percobaan serangan dengan 12 sepak pojok sampai awal babak kedua seluruhnya bagi The Reds.

Sebenarnya Liverpool harusnya menang dengan skor 4-0 atas pasukan Ole Gunnar Solskjaer. Ada tiga peristiwa yang mempengaruhi hasil akhir laga Liverpool vs Manchester United ini. Satu di antaranya adalah gol Roberto Firmino yang dianulir pada menit 25. Wasit Craig Pawson “dikeroyok” para pemain tim tamu yang mengeluhkan perlakuan Virgil Van Dijk terhadap kiper David De Gea sebelum sang striker Brasil melepaskan sebuah tendangan melengkung yang gagal dihentikan kiper Spanyol itu. Gol Firmino memang dibatalkan tapi De Gea juga kena kartu kuning untuk protes kerasnya.

Dua Peluang Liverpool di Awal Babak Kedua

Advertisement
berita bola
jadwal bola
Mimpi 4D
Mimpi 4D

Begitu babak kedua dimulai, dua peluang emas terbuang percuma. Satu terjadi hanya beberapa detik sejak kick-off paruh kedua dimulai dengan Sadio Mane menyorongkan bola ke winger Andy Robertson, yang kemudian mengirim umpan silang ke depan gawang. Ada Mo Salah di sana dalam kondisi tak terjaga, tapi entah mengapa striker Mesir itu gagal menyambar bola hanya pada jarak beberapa meter saja depan gawang. Jika ketiga peristiwa itu berujung gol maka Liverpool harusnya menang 4-0.

Selang dua menit kemudian giliran Henderson yang membuang peluang emas setelah satu tendangan keras dari jakark 25 meter hanya membentur tiang gawang David De Gea. Ada sedikit jasa kiper Spanyol itu menyentuh bola guna memantulkannya ke tiang gawang.

Manchester United bukan tidak melakukan perlawanan. Satu kali di akhir babak pertama mereka nyaris menyamakan skor melalui Andreas Pereira. Setelah itu pada menit 57 giliran Fred yang membuang peluang menyamakan kedudukan. Tembakannya dari jarak 20-an meter meleset tipis di sisi gawang Alisson Becker. Selang dua menit kemudian Anthony Martial main satu-dua dengan Pereira sebelum si pemain Prancis menembak, tapi sayangnya meleset dari gawang.

Menit 83 Juergen Klopp memasukkan pemain penting yang suka memberi kemenangan pada laga-laga penting. Tahu siapa? Divock Origi. Anda tentu ingat gol secepat kilat ke gawang Barcelona hasil kenakalan sepak pojok Alexander-Arnold dan gerak cepat Origi. Ia masuk dengan mengorbankan Firmino. Pada saat yang sama Fabinho juga masuk menggantikan Sadio Mane. Sepertinya The Reds masih mengejar satu gol lagi. Dan benar saja! Kali ini Mohamed Salah menebus kesalahannya dengan mencetak gol pada menit ketiga injury time. Skor 2-0!

Tapi tidak ada gol lagi. Hasil Liverpool vs Man Utd pada Minggu (19/1) malam usai 2-0. Sepertinya ini bukan hari-hari yang menyenangkan untuk musuh-musuh Liverpool. Kemarin Sabtu skuad Pep Guardiola ditahan imbang 2-2 oleh Crystal Palace, sedangkan beberapa jam lalu Leicester kalah 2-1 oleh Burnley. Posisi di puncak klasemen Liga Inggris usai pekan ke-23 ini adalah sebagai berikut:

  • Liverpool 22 game, 21 kemenangan, 64 poin
  • Man City 23 game, 15 kemenangan, 48 poin
  • Leicester 23 game, 14 kemenangan, 45 poin
  • Chelsea 23 game, 12 kemenangan, 39 poin
  • Man Utd 23 game, 9 kemenangan, 34 poin

Perhatikan bahwa koleksi poin The Reds nyaris dua kali lipat perolehan poin Setan Merah. Apabila Liverpool menjalani satu laga tundanya lawan West Ham dan menang maka selisihnya bisa lebih besar lagi.

Starting XI Liverpool vs Manchester United

Liverpool: Alisson, Alexander-Arnold, Gomez, Van Dijk, Robertson, Oxlade-Chamberlain, Henderson, Wijnaldum, Salah, Firmino, Mane. Cadangan: Fabinho, Adrian, Minamino, Lallana, Origi, Matip, Jones. 

Man Utd : De Gea, Wan Bissaka, Lindelof, Maguire, Williams, Fred, Matic, James, Andreas Pereira, Shaw, Martial. Cadangan: Bailly, Jones, Mata, Lingard, Dalot, Romero, Greenwood.