Liverpool Harusnya Tak Perlu Khawatir Soal Transfer Gegara Dua Pemain Ini

Gila Bola – Liverpool harusnya tak perlu pusing soal transfer pemain belakang di musim panas nanti, gegara dua pemain ini tampil kompak dan menawan di laga kontra RB Leipzig.

Ini seakan menjadi dilema baru bagi Jurgen Klopp, apalagi setelah klub mengatakan siap menggelontorkan dana transfer di akhir musim ini. Sementara, pelatih asal Jerman itu baru saja melihat duet Ozan Kabak dan Nat Phillips berhasil membawa klubnya bukukan clean sheet lewat kemenangan 2-0 di laga tersebut.

Walau Nat Phillips tampil grogi di laga tersebut – pertandingan yang menjadi debutnya di Liga Champions, produk akademi The Reds itu tetap bermain bagus.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
TOTOBET
TOTOBET

Pemain 23 tahun yang bermitra dengan Ozan Kabak saat Liverpool menjamu Leipzig di Puskas Arena, Budapest, itu menjadi salah satu dari pemain The Reds yang tampil keren dalam pertandingan yang digelar di ibukota Hongaria tersebut.

Dia tampil dominan di balik clean sheet yang  berhasil dibukukan skuad Jurgen Klopp saat itu, dan telah membantu timnya sekali lagi melaju ke perempat-final Liga Champions. Meskipun, sejauh ini, musim ini memang berjalan cukup baik untuk pemain kelahiran Bolton itu.

Semula akan Dilepas The Reds

Pada bulan September tahun lalu, Phillips terkesan akan tinggalkan Anfield, karena ia sempat diminati sejumlah klub. Namun pada pertengahan Maret ini – dan dengan akan berlaganya The Reds di perempat-final, Phillips bisa membuat dirinya menjadi salah satu pemain bertahan terpenting skuad Jurgen Klopp saat ini.

Phillips seakan tunjukkan kebangkitannya, di saat ia awalnya bahkan tak masuk dalam daftar skuad Liverpool untuk Liga Champions tahun ini. Saat pertama kali berikan daftar pemainnya musim lalu, Klopp bahkan tak memasukkan namanya karena diyakini akan hengkang.

Selain Nat Phillips yang semula diperkirakan akan pindah, Klopp juga memutuskan untuk melibatkan pemain muda, Rhys Williams, untuk menjadi solusi terakhir di posisi bek tengah.

Namun hanya dalam waktu beberapa bulan, Nat Phillips tampil bak pahlawan di lini belakang The Reds, terutama di saat Klopp kehilangan para pemain andalannya di area itu dalam waktu yang berurutan. Phillips pula yang membantu skuad Anfield untuk melaju ke babak delapan besar untuk ketiga kalinya dalam empat musim terakhir.

Bersama-sama pemain baru Liverpool berusia 20 tahun, Ozan Kabak, di Puskas Arena, Nat Phillips bekerja menahan gempuran Leipzig. Ia punya posisi yang sangat baik saat dia memenangkan bola-bola panjang yang dimainkan di dekatnya, sepanjang 90 menit pertandingan leg kedua tersebut.

Phillips dan Kabak pun menjadi tandem bek tengah berbeda kedelapan yang dimiliki The Reds, yang dimainkan Klopp di banyak pertandingan Liga Champions sejauh musim ini.

Tapi, jika mereka tetap fit – sesuatu yang tak bisa mendapat jaminan di Anfield musim ini, Klopp diperkirakan tak butuh tandem bek ke sembilan saat leg pertama perempat-final digelar.

Bersaing Tapi Jadi Mitra Andalan

Namun jika Phillips dan Kabak terus lanjutkan permainan apik mereka berdua, apakah itu berarti secara tak langsung keduanya saling bersaing di Liverpool?

Kabak, yang dipinjam The Reds dari Schalke pada akhir bulan Januari, dinilai kalangan orang dalam klub sebagai pemain yang ‘dijajal dulu sebelum membeli’. Struktur peminjaman ini telah memberi waktu kepada Klopp dan stafnya selama beberapa bulan, untuk mengetahui permainan bek muda asal Turki itu sebelum mereka permanenkan statusnya di bulan Juni.

Meski demikian, diungkapkan LiverpoolECHO, tak ada jaminan bahwa The Reds akan permanenkan status Kabak musim depan. Hal itu akan tergantung padanya jika ingin terus menarik perhatian The Reds dan tetap merumput bersama juara bertahan Liga Premier itu setelah Mei 2021. Tapi, apakah meningkatnya reputasi Phillips bisa mengancam posisi Kabak?

Di satu sisi, Liverpool kemungkinan menginginkan bek tengah yang lebih senior dan berpengalaman musim depan. Saat ini, Joel Matip masih harus berjuang memulihkan kebugarannya, di samping Klopp yang telah kehilangan Dejan Lovren tahun lalu, tampaknya Kabak tak butuh waktu lama untuk mendapat kepercayaan Klopp.

Meskipun masih harus dilihat lagi, apakah Kabak yang baru akan berusia 21 tahun pada akhir bulan ini, masuk dalam kategori yang diinginkan Klopp.

Dia belum memastikan apapun mengenai hal itu, dan masih punya waktu sekitar dua bulan lagi untuk memutuskannya. Jika pemain Schalke itu tampak sebagai pemain yang bisa menambah kekuatan lini belakang The Reds, lalu kehadiran Phillips juga ikut berperan.

Bertentangan dengan beberapa klaim, Phillips tak lepas kontrak pada musim panas mendatang, dan itu berarti Liverpool bisa mempertahankan pemain yang dijuluki ‘Bolton Baresi’ itu setelah akhir musim ini.

Pertanyaan yang muncul kemudian, menjadi sederhana. Yakni, apakah The Reds mau menggelontorkan dana 18 Juta Poundsterling (setara dengan 361 Milyar Rupiah) untuk Kabak, jika mereka merasa bisa menduetkannya dengan Phillips dan tawarkan perlindungan bagi skuad The Reds tanpa harus keluar banyak uang.

Hal ini tentunya bisa menjadi bagian dari rencana transfer di penghujung musim ini, yang diperkirakan akan semakin menarik bagi skuad Anfield. Bahkan untuk saat ini, untuk rencana jangka pendek, sudah lebih jelas bahwa duet Phillips dan Kabak harus dilanjutkan sebagai duet pemain bertahan yang bisa diandalkan Jurgen Klopp.

AHABET
AHABET