Liverpool Jual 17 Pemain Bernasib Tak Jelas Akhir Musim Ini

Liverpool Jual 17 Pemain Bernasib Tak Jelas Akhir Musim Ini

Gilabola.com – Liverpool gelontorkan dana transfer besar-besaran dan hanya sedikit menjual pemain pada tahun lalu. Namun, kondisinya benar-benar berbeda di akhir musim ini.

Pada musim panas 2018, Anfield hanya melepas Emre Can dengan status bebas transfer dan menjual Ragnar Klavan dan Danny Ward. Tapi Liverpool harus mengeluarkan lebih banyak pemainnya di musim panas tahun ini, untuk memberi ruang pada Jurgen Klopp mengembangkan skuadnya.

Pemain yang Pasti Keluar

Kontrak Daniel Sturridge selesai di akhir musim ini, dan dia tak memperpanjangnya. Sturridge pun akan akhiri kebersamaannya selama enam tahun bersama The Reds.

Liverpool pun sudah siapkan penggantinya, yakni pemain akademi Rhian Brewster, yang banyak mendapat pujian di klub itu. Namun, peluangnya untuk memperkuat skuad utama tetap tergantung pada bagaimana permainannya di pramusim nanti.

Advertisement
advertisement
advertisement
DepoToto
DepoToto

Bagaimanapun, Sturridge tetap menjadi salah satu pemain yang punya penghasilan tinggi, sebelum cedera menghajarnya. Ia bisa kantongi 120 ribu Poundsterling per pekan di Anfield.

Lalu, Alberto Moreno juga akan lepas kontrak dan bebas pindah ke klub lain. Pemain asal Spanyol itu hanya tampil dalam dua pertandingan Liga Premier musim lalu, dan ia tak pernah bisa meyakinkan Jurgen Klopp agar mau mengandalkan dirinya di lapangan.

Moreno dilaporkan mendapat upah 40 ribu Pounds per pekan, dan posisinya bisa digantikan kapten tim U-23, Adam Lewis. Tapi, lagi-lagi, peluang itu akan tergantung pada penampilan Lewis dalam pramusim nanti. Apalagi, the Reds saat ini juga sedang memantau pemain Bristol City, Lloyd Kelly.

Lalu, ada Connor Randall dan Adam Bogdan yang juga akan rampungkan kontraknya di akhir musim ini, serta dimungkinkan hengkang.

Pemain yang ‘Mungkin’ Keluar dari Anfield

Simon Mignolet benar-benar telah menjalani karirnya di Anfield dengan sangat profesional musim ini, walau ia sudah ingin tinggalkan the Reds pada musim panas lalu. Musim ini, Mignolet hanya berlaga dua kali, itupun pada hanya satu pertandingan liga dan Piala FA.

Kiper asal Belgia yang konon kantongi 60 ribu Pounds per pekan, sangat tidak mungkin menerima peran sebagai pengganti satu musim lagi. Pemain berusia 31 tahun itupun ingin pindah untuk dapatkan tempatnya di Timnas Belgia jelang gelaran Piala Eropa 2020 mendatang. Kini, the Reds harus mencari klub yang mau membayar sekitar 10 juta Pounds untuk transfer Mignolet.

Sama halnya dengan Mignolet, Dejan Lovren juga ingin meyakinkan bahwa dia tak kehilangan posisinya di Timnas Kroasia. Musim ini, dia hanya tampil dalam 18 pertandingan di semua kompetisi – paling sedikit di antara bek the Reds lainnya, dan dimungkinkan untuk hengkang.

Lovren akan berusia 30 tahun pada musim panas tahun ini, dan dia dilaporkan menerima gaji 100 ribu Pounds untuk sepekan. Kondisi bek nomor empat dalam urutan prioritas permainan di Anfield itu, sejauh ini cukup rentan cedera, hingga the Reds memang harus menguangkannya di bursa transfer kali ini. Dia pun akan dilepas 10 juta Pounds.

Pemain the Reds lainnya yang kantongi upah tinggi, tapi sudah lewati momen terbaik dalam karir dan rentan cedera adalah Adam Lallana, yang sudah berusia 31 tahun.

Lalu ada Nathaniel Clyne yang tengah dipinjamkan ke Bournemouth, Marco Grujic, Harry Wilson, pemain Timnas Wales yang tengah dipinjamkan Klopp ke klub Championship, Derby County, dan pemain muda asal Portugal, Rafa Camacho.

Sisanya…

Danny Ings akan benar-benar bergabung dengan Southampton setelah dipinjamkan sejak musim panas tahun lalu. Nasib sama juga dialami kiper Jerman, Loris Karius, yang akan benar-benar bergabung dengan klub Turki, Besiktas.

Begitu juga denganĀ Ryan Kent yang tengah dipinjamkan ke Glasgow Rangers, ia akan permanenkan kontraknya di skuad asuhan Steven Gerrard tersebut.

Lalu, Pedro Chirivella yang secara terbuka mengaku ingin tinggalkan Anfield dan kembali secara permanen ke Spanyol, setelah ia dipinjamkan ke Extremadura pada Januari lalu.

Begitu juga Ovie Ejaria yang sudah dipinjamkan ke tiga klub berbeda dalam waktu dua tahun, dan Herbie Kane yang tampil gemilang di klub peminjamnya, Doncaster Rovers, musim ini.

Terakhir, Sheyi Ojo yang semula dipinjamkan ke klub Prancis, Rennes, musim ini, juga akan permanen di klub tersebut.

Totalnya, 17 pemain akan tinggalkan Anfield di musim panas ini. Klub mungkin bisa kantongi dana lebih dari 100 juta Pounds dari penjualan para pemain itu dan menghemat pembayaran gaji hingga setengah juta Pounds.

Dana itu nantinya bisa diinvestasikan kembali untuk datangkan kiper pelapis, pelapis bek tengah, memperkuat area dalam penyerangan dan opsi baru di posisi bek tengah.