Liverpool Lanjutkan Tradisi Tak Pernah Bisa Menang Liga Inggris di Etihad

Gilabola.com – Untuk kesekian kalinya Liverpool gagal menang atas Manchester City di Etihad pada ajang Liga Inggris, sebuah catatan buruk yang membentang mundur sampai ke tahun 2015.

Satu gol dari Erling Haaland pada menit 27, yang dibalas dengan gol oleh Trent Alexander-Arnold 10 menit jelang akhir, memastikan hasil imbang pada pekan ke-13 Premier League, Sabtu malam (25/11).

Sebenarnya sebelum gol Trent itu, ada gol kedua City dari Ruben Dias pada babak kedua, tetapi dianulir wasit setelah Manuel Akanji melanggar Alisson yang sedang berupaya melakukan penyelamatan.

Sebuah hasil imbang, tetapi terasa seperti sebuah kemenangan bagi the Reds. Pep Guardiola akan sangat kecewa dengan hasil ini setelah mereka tampil mengurung gawang Alisson nyaris sepanjang pertandingan.

Sementara bagi Liverpool, hasil imbang akan terasa menyenangkan karena mereka kini menjaga posisi tertinggal satu poin saja di belakang sang juara bertahan. 29 poin kontra 28 poin.

Man City Dua Kali Lipat Lebih Agresif Daripada Liverpool

Sejak menit pertama permainan di Etihad ini dimulai pada Sabtu malam 925/11) sudah terlihat bahwa Manchester City menguasai permainan.

Serangan demi serangan dilepaskan oleh tuan rumah dan terlihat bahwa gol sepertinya hanya menunggu waktu saja, yang akhirnya terjadi melalui Erling Haaland pada menit 27.

Hal itu terlihat dari jumlah penyelamatan penting yang dilakukan stopper Allison Becker, mencapai empat kali sepanjang pertandingan, yang jika gagal dilakukan bisa saja berujung buruk bagi skuad Jurgen Klopp.

City mendominasi bola sampai dengan 60 persen dan melepaskan 15 kali percobaan gol yang hampir dua kali lipat tamunya, delapan kali.

Dominasi bola dan agresifitas City menyebabkan angka harapan gol the Skyblues mencapai 1.41, yang sebenarnya sudah harus menjadi dua gol ke gawang tim merah. Bandingkan itu dengan angka xG tim tamu yang hanya 0.59.

Laga Sulit Menanti Man City Setelah Ini

Guardiola tahu ia sudah ditunggu laga sulit, menyambut kedatangan Tottenham Hotspur setelah ini, sehingga kehilangan dua poin tidak akan bisa diterima secara baik olehnya.

Terutama jika ia tahu bahwa Liverpool berpotensi menyalip posisi City di papan klasemen karena kebagian tamu yang lebih mudah, Fulham, pada pekan ke-14.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!