Liverpool Melempem, Jurgen Klopp Lirik Peluang di Bayern Munchen?

Gilabola.com – Liverpool beruntun alami tiga kekalahan di kandang sendiri. Pelatih mereka, Jurgen Klopp, kini secara mengejutkan dikaitkan dengan transfer ke Bayern Munchen.

Ini sebenarnya bukan rumor pertama yang menghampiri pelatih 53 tahun itu. Ia sekali lagi dikaitkan dengan rencana pindah ke Bayern, di saat The Reds sedang goyang, usai alami kekalahan ke lima musim ini.

Skuad Klopp dipermalukan Manchester City, 1-4, dini hari tadi, yang membuat mereka tertahan di posisi empat dan dibayang-bayangi Chelsea yang berhasil bangkit dan kini berada satu peringkat di bawah The Reds dengan hanya selisih satu poin saja.

Advertisement
QQCepat
QQCepat

Akibat kekalahan dari City, kini The Reds tercatat sudah tiga kali kalah dalam lima pertandingan Liga Premier terakhir di musim ini, di mana ketiganya terjadi di kandang sendiri.

Saat ini, mantan pelatih Mainz dan Borussia Dortmund itu sudah jalani karirnya selama enam tahun di Liverpool dan hadapi banyak kesulitan, setelah hanya enam bulan ia membawa skuad Anfield meraih gelar juara Liga Premier pertama dalam 30 tahun terakhir.

Klopp juga sukses membawa The Reds raih gelar juara Liga Champions di tahun 2019,  di sampingi Piala Super UEFA dan Piala Dunia Antarklub. Sementara pada musim pertamanya sebagai manajer di klub Merseyside itu, Klopp berhasil membawa timnya melaju ke final Piala Liga dan Liga Europa di tahun 2016.

Menurut laporan The Mirror yang dilansir Bavarian Football Works, mantan gelandang Liverpool yang ini menjadi komentator Sky Sports, Jamie Redknapp, yakin Klopp akan menjadi manajer Bayern Munchen suatu hari nanti.

Sejauh ini berkembang rumor yang kaitkan Klopp dengan pekerjaan sebagai pelatih Timnas Jerman, namun justru pelatih Bayern saat inilah, Hansi Flick, yang dikabarkan akan menjadi pengganti Joachim Loew, meskipun hal itu dibantah Karl-Heinz Rummenigge maupun Uli Hoeness.

Menyusul kekalahan 1-4 Liverpool dari skuad Pep Guardiola di Anfield, Redknapp  mengaku telah merefleksikan apa yang diungkapkan pelatih asal Jerman tersebut dalam konferensi pers sebelumnya, terkait kebijakan transfer klub.

Saat ini, Anfield berusaha keras untuk datangkan pelapis Virgil van Dijk, Joel Matip dan Joe Gomez – tiga bek tengah The Reds yang tengah cedera. Klub itu akhirnya memang berhasil datangkan Ozan Kabak dari Schalke dan pemain Preston North End, Ben Davies, di menit-menit terakhir bursa transfer awal tahun pada pekan lalu. Tapi, diungkapkan Redknapp, Jurgen Klopp sepertinya merasa tangannya sedikit terikat saat timnya harus dapatkan pengganti van Dijk secara khusus.

“Saya pikir, kata-kata Jurgen sangat menarik. Saya merasakan dia sedikit frustrasi karena dia ingin pemain baru. Masalahnya, siapa yang bisa dibeli Liverpool untuk gantikan Virgil van Dijk? Anda tak bisa menghabiskan 50 Juta hingga 60 Juta Poundsterling pada seorang pemain yang anda tahu, pada April lalu dia-lah pemain terbaik anda, yang sebentar lagi akan pulih cedera,” tandas Redknapp.

Bukan rahasia lagi, penampilan Liverpool sangat terganggu dengan absennya Van Dijk dan Gomez, di mana mereka kini sudah alami lima kekalahan di Liga Premier sejauh musim ini. The Reds juga sudah akhiri rekor tak terkalahkan di kandang sendiri saat mereka dipermalukan tim berperingkat 17, Burnley, lewat kekalahan 0-1 di akhir bulan Januari.

Tentu saja, Klopp sangat kecewa dengan hasil itu. Namun semua manajer, siapapun itu, pasti akan memiliki tim yang rentan alami nasib yang sama dengan skuad The Reds saat ini, dengan banyaknya pemain kunci mereka yang cedera.

Redknapp sadar betul mengenai rasa frustrasi yang dirasakan Klopp, yang menurutnya tampak jelas dalam wawancara dan konferensi pers tersebut. Saat ini, menurut Redknapp, Klopp merasa dia masih bisa menyelesaikan masalah dalam skuadnya setelah beberapa pemain yang cedera akan segera kembali ke lapangan. Redknapp pun berpikir, Klopp kemungkinan tak akan menolak jika Bayern Munchen sodorkan tawarannya.

“Saya terkejut mendengar perkataan Jurgen, mungkin dalam beberapa tahun ke depan dia akan pergi untuk menangani klub seperti Bayern Munchen. Hal itu sepertinya akan selalu menjadi panggilan bagi banyak pemain dan manajer asal Jerman. Saya pikir dia merasa frustrasi, walaupun saat Liverpool kembali diperkuat para pemain terbaiknya mereka di akhir musim, saya yakin dia akan baik-baik saja,” tegas Redknapp.