Liverpool Menang Lawan 10 Pemain The Toffees, Lewat Dua Gol Mohamed Salah

Gila BolaHasil Liverpool vs Everton dalam pertandingan Liga Inggris pekan ke-9 musim 2023/2024 dengan tajuk Derbi Merseyside ini berakhir dengan skor 2-0 lewat gol tendangan penalti dan gol di babak kedua Mohamed Salah.

Bukan sebuah pertandingan yang mudah bagi Liverpool saat menjamu Everton di stadion Anfield, meskipun mendominasi babak pertama dan mendapatkan beberapa peluang untuk mencetak gol, namun tim tamu berhasil menahan imbang tanpa gol hingga paruh waktu meski hanya bermain dengan 10 pemain sejak menit 37.

Dan di babak kedua, karena tekanan yang bertubi-tubi dari tim tuan rumah, sebuah kesalahan menghasilkan penalti yang dieksekusi dengan sempurna oleh Mohamed Salah di menit 75 dan sebuah gol telat darinya di menit 90+7, memastikan kemenangan bagi Liverpool dengan skor 2-0 atas Everton.

Jalannya Pertandingan

Babak pertama sepenuhnya didominasi oleh tuan rumah Liverpool, namun serangan pertama justru datang dari kubu Everton melalui tandukan kepala Dominic Calvert-Lewin yang sayangnya bola masih langsung mengarah ke kiper Alisson.

Langsung dibalas sepuluh menit kemudian melalui serangan balik yang dipimpin oleh Dominick Szoboszlai, bola dikirimkan ke Luis Diaz namun Ashley Young datang menghalau tembakannya dengan tekel yang membuat bola melambung.

Memasuki pertengahan babak pertama, The Reds semakin menguasai lapangan dan terus menekan pertahanan Everton. Pergerakan Alexis Mac Allister dan Mohamed Salah cukup membuat pertahanan skuad asuhan Sean Dyche ini kewalahan.

Sebuah peluang melalui umpan Trent Alexander-Arnold untuk Mo Salah nyaris membuka keunggulan di menit 27, namun melambung tipis di atas mistar gawang The Toffees yang dijaga oleh Jordan Pickford.

Skuad asuhan Jurgen Klopp semakin menggila di lima menit akhir paruh waktu pertama, dan karena tekanan yang begitu ketat membuat Ashley Young melakukan kesalahan dan diusir keluar lapangan karena kartu kuning keduanya, dua kartu kuning Young korbannya sama, Luis Diaz!

Unggul jumlah pemain, The Reds langsung tancap gas! Pelaung berikutnya diperoleh Virgil Van Dijk dengan tandukan kepalanya yang terdefleksi. Tak lama kemudian tendangan voli Alexander-Arnold masih tipis di atas mistar gawang.

Aksi hebat ditunjukkan oleh pemain Everton, Dwight McNeil yang mengecoh tiga pemain bertahan Liverpool, sempat membuat panik Van Dijk dan Alisson, beruntung tak menemui sasaran. Babak pertama antara Liverpool vs Everton ditutup dengan skor 0-0.

Memasuki babak kedua, kemelut di area pertahanan Everton saat umpan silang Szoboszlai dipotong Nathan Patterson, tapi bola justru mengarah ke Mohamed Salah, dan bek james tim tamu James Tarkowski melakukan dua kali penyelamatan dengan memblok tembakan Salah dan Ryan Gravenberch.

Pada menit 71 fans Liverpool bersiul menuntut penalti diberikan pada tim tuan rumah saat Luis Diaz yang di laga ini menjadi sasaran tekel pemain Everton kembali dijatuhkan dan kali ini oleh Patterson, usai melihat VAR, wasit tak memenuhi tuntutan penalti tersebut.

Namun tak lama kemudian kembali sebuah insiden terjadi di dalam kotak penalti Everton, kali ini Michael Keane melakukan handball saat berusaha merebut bola silang Luis Diaz, dan setelah kembali melihat VAR, PENALTI untuk Liverpool!

Dan akhirnya, Mohamed Salah memecah kebuntuan dengan golnya dari titik penalti di menit 75 dan merubah kedudukan antara Liverpool vs Everton menjadi 1-0. Jordan Pickford hanya diam bengong nyaris tak bergerak, lompat pun juga percuma, kenceng banget!

Lima belas menit dimanfaatkan Mo Salah dan kawan-kawan untuk menekan lawan, dan mempertahankan keunggulan mereka sambil sesekali mencoba peruntungan mereka. Tak sia-sia usaha mereka, Mohamed Salah kembali mencatatkan namanya di papan skor lewat gol telatnya di menit 90+7 saat pemain Everton gagal dengan serangan mereka dan Szoboszlai mengirimkan bola ke Darwin Nunez yang langsung melesat ke tengah. Tarkowski menghadangnya dan bola dikirimkan ke Mo Salah yang dilanjutkan dengan tendangan keras menjebol gawang Pickford! Skor akhir Liverpool vs Everton 2-0!

Hasil Liverpool vs Everton

  • Pertandingan: Pekan ke-9 Liga Inggris, 21 Oktober 2023
  • Skor Akhir: 2-0
  • Pencetak Gol: Mohamed Salah (75′ penalti), (90+7)
  • Kartu Merah: Ashley Young (37′)
  • Stadion: Anfield
  • Wasit: Craig Pawson – Referee

Klasemen Liverpool dan Everton

Dengan kemenangan ini, Liverpool kini berada di posisi puncak klasemen Liga Inggris untuk sementara dengan 20 poin, masih harus menunggu tim lainnya berlaga usai pertandingan ini.

Sementara Everton, dengan mantapnya anjlok ke posisi 16 klasemen usai mengantongi 6 kekalahan dan hanya 2 kemenangan dan 1 seri dan raihan hanya 7 poin hingga pekan kesembilan Liga Inggris ini.

Susunan Pemain

Susunan Pemain Liverpool (4-3-3)

  • Starting XI: Alisson; Trent Alexander-Arnold, Ibrahima Konate, Virgil van Dijk, Kostas Tsimikas; Dominik Szoboszlai, Alexis Mac Allister, Ryan Gravenberch; Mohamed Salah, Diogo Jota, Luis Diaz.
  • Cadangan: James McConnel, Callum Scanlon, Wataru Endo, Joe Gomez, Caoimhin Kelleher, Jarell Quansah, Joel Matip, Harvey Elliott, Darwin Nunez.

Susunan Pemain Everton (4-4-1-1)

  • Starting XI: Jordan Pickford; Ashley Young, James Tarkowski, Jarrad Branthwaite, Vitalii Mykolenko; Jack Harrison, James Garner, Amadou Onana, Dwight McNeil; Abdoulaye Doucoure; Dominic Calvert-Lewin.
  • Cadangan: Michael Keane, Youssef Chermiti, Ben Godfrey, Arnaut Danjuma, Joao Virginia, Nathan Patterson, Lewis Dobbin, Idrissa Gueye, Beto.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!