Liverpool Sampaikan Pesan Keras Setelah Insiden Rasisme Menimpa Mohamed Salah

Liverpool Sampaikan Pesan Keras Setelah Insiden Rasisme Menimpa Mohamed Salah

Gilabola.com – Pelatih Liverpool Jurgen Klopp sampaikan pesan keras soal rasisme setelah sekelompok fans Chelsea membuat video kasar mengenai Mohamed Salah.

Tiga suporter Chelsea telah ditolak masuk ke arena pertandingan leg pertama perempat final Liga Europa melawan Slavia Praha, Jumat (12/4) dinihari, karena keterlibatan mereka dalam video Islamofobia.

Kedua klub telah mengeluarkan kecaman terkait insiden tersebut, di mana Liverpool menggambarkannya sebagai sesuatu yang ‘berbahaya dan mengganggu’. Sementara Chelsea, bersumpah untuk ‘mengambil tindakan setegas mungkin’.

Salah yang akan bermain melawan bekas klubnya, Chelsea, pada Minggu (14/4) akhir pekan ini, datang dalam kondisi yang mengecewakan, terutama di musim yang banyak diwarnai dengan aksi rasisme di berbagai lapangan pertandingan, yang bahkan pertandingan di kompetisi papan atas.

Pengaruh Sesuatu yang Salah di Luar Lapangan

Advertisement
advertisement
advertisement
Dewa303
Dewa303

Berbicara sebelum tandang Chelsea ke Anfield, Klopp ungkapkan pernyataan yang mengesankan cara mengatasi masalah seperti itu, dan dampak dari masyarakat luas dalam hal ini.

“Itu sangat menjijikkan. Contoh lain untuk sesuatu yang seharusnya sama sekali tidak terjadi,” tegas Klopp kepada wartawan dalam konferensi pers sebelum laga.

“Kita seharusnya tidak melihat hal serupa ini sebagai masalah Chelsea atau Liverpool saja, itu pertanda lain untuk sesuatu yang sedikit salah di luar sana,” tambah Klopp masih dengan nada agak tinggi.

Jangan Diijinkan Lagi Masuk Stadion Seumur Hidup!

“Masih ‘hanya beberapa orang’, tapi semakin kuat reaksi dari kita semua, semakin besar kemungkinan membantu agar hal-hal serupa ini tak terulang lagi di masa depan,” tandasnya.

“Orang-orang ini sekarang, tidak selalu (di sepakbola tapi) berkembang juga di bagian lain kehidupan kita, kebetulan orang-orang ini juga penggemar sepakbola. Kalian seharusnya tidak diizinkan memasuki stadion lagi di sepanjang sisa hidup kalian,” tegas Klopp.

“Ini kesalahpahaman total tentang bagaimana seharusnya menjalani hidup. Semua jenis rasisme terkait cara berpikir seseorang, bahwa mereka lebih berharga daripada yang lain,” ujar pelatih asal Jerman tersebut.

“Saya seorang manajer sepakbola, sulit untuk berbicara tentang hal lainnya, tapi saya bisa tegaskan orang-orang ini tidak boleh terlibat lagi di sepakbola. Karena sepakbola menjadi contoh terbaik tentang bagaimana orang-orang yang berbeda ras, warna kulit dan agama, yangsemuanya bisa bekerja bersama-sama dengan cemerlang,” ungkap Klopp.