Man City Menang Lagi, Guardiola Sudah 500 Kemenangan, 200 di City, 179 di Barcelona, 121 di Bayern

Gilabola.com – Pep Guardiola diam-diam sudah mencatatkan 500 kemenangan dalam karirnya sebagai manajer usai Manchester City menang 2-1 atas West Ham United pada Sabtu malam (27/2). Sebanyak 200 di antaranya terjadi di City, 179 kali di Barcelona dan 121 di Bayern Munchen.

Manchester City seolah-olah akan mengakhiri rangkaian 19 kemenangan beruntun di semua kompetisi saat skor terjaga 1-1 sampai dengan menit 67 pertandingan Liga Inggris di Etihad Stadium, Sabtu malam. Beruntung sebuah pemikiran cepat dari Riyad Mahrez mengirim umpan pendek pada John Stones yang tidak terkawal menyebabkan bek Inggris itu berhasil melepaskan tendangan ke sudut kanan gawang Darren Randolph. Skor pun berubah 2-1.

Itu merupakan kemenangan 20 kali beruntung The Skyblues di semua ajang kompetisi, dengan empat terjadi melawan tim-tim di luar Premier League (Birmingham, Cheltenham, Swansea City) dan satu di ajang Liga Champions (Borussia Monchengladbach). Sementara jika ruang lingkupnya dipersempit menjadi Premier League saja maka itu merupakan kemenangan ke-14 secara beruntun.

Advertisement
QQCepat
QQCepat

Jangan lupakan juga bahwa ini merupakan kemenangan Pep Guardiola ke-200 kalinya bersama tim biru langit tersebut, setelah mencatatkan 179 kemenangan bersama Blaugrana dan 121 kali bareng Die Roten. Sang pelatih asal Catalonia itu sudah memiliki lebih banyak kemenangan bersama tim raksasa Liga Inggris yang berbasis di Etihad Stadium itu daripada di Camp Nou.

The Citizens kini mengejar rekor rangkaian kemenangan terpanjang di kompetisi elit Eropa. Mereka hanya berjarak tujuh kemenangan dari rekor The New Saints FC (Liga Wales, 27 kali, tahun 2016), Ajax Amsterdam (Liga Belanda, tahun 1972, 26 kali dan tahun 1995, 25 kali), Bayern Munchen (Liga Jerman, tahun 2020, 23 kali), Real Madrid (Liga Spanyol, tahun 2014, 22 kali). Cukup delapan kemenangan lagi di semua kompetisi maka mereka akan mengukuhkan diri sebagai tim dengan kemenangan terpanjang di liga elit Eropa.