Manchester City Sangkal Gunakan Taktik Rumput Tinggi Lawan Liverpool

Manchester City Sangkal Gunakan Taktik Rumput Tinggi Lawan Liverpool

Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, membantah tuduhan bahwa dia memerintahkan stafnya untuk tidak memotong rumput di Stadion Etihad sebelum kemenangan 2-1 atas Liverpool di Liga Inggris pekan lalu.

Muncul tuduhan, bos Manchester City itu menginstruksikan perawat lapangan Lee Jackson untuk membiarkan rumput di stadion Etihad tetap tinggi, dalam upaya untuk mengganggu aliran serangan Liverpool.

Namun, Pep Guardiola menegaskan klaim itu salah, dan ia mengatakan selalu menjaga rumput sependek mungkin guna membantu gaya permainan timnya sendiri. “Saya bukan orang yang bertanggung jawab atas perawatan rumput lapangan. Saya tidak pernah melakukan itu,” katanya.

BACA:  Liverpool Latihan di Spanyol Jelang Hadapi Bayern Munchen

“Jika mereka (Liverpool) ingin bermain cepat, kami ingin bermain lebih cepat lagi. Kami selalu mencoba untuk menyirami rumput dengan air, tapi itu tidak diperlukan di sini karena sering turun hujan,” tambah Guardiola.

Tak Mungkin Beri Instruksi pada Perawat Lapangan

“Kami selalu memotong rumput lapangan selama 10 tahun ini. Itu kondisi yang lebih baik untuk kedua tim. Ketika ini terjadi, Anda melakukan yang terbaik untuk lawan. Kami harus menghormati mereka dengan aturan. Saya tidak pernah berbicara dengan perawat lapangan. Pada awalnya [ketika saya ditunjuk sebagai pelatih] mereka melakukan [pemotongan rumput] sesuai dengan kondisi cuaca,” ungkap mantan pelatih Barcelona itu.

BACA:  Liverpool Harusnya Sudah Kebobolan Dua Gol, Bayern Munchen Dua Juga
Advertisement
OLE777
OLE777

“Tapi saya punya terlalu banyak masalah untuk dipikirkan. Saya percaya pada perawat lapangan. Saya tidak pernah menelponnya untuk mengatakan, ‘Lakukan ini untuk merusak lawan kami’,” tegasnya.

Skuad besutan Guardiola mengurangi selisih keunggulan Liverpool di puncak klasemen Liga Inggris menjadi hanya empat poin dengan kemenangan atas The Reds tersebut.

Hadapi Tim League One di Piala Liga

Namun, bos The Citizens itu kini mengalihkan perhatiannya ke pertandingan leg pertama semifinal Piala Liga melawan tim League One, Burton Albion, di Etihad, Kamis (10/1) dinihari. Mereka difavoritkan untuk menang dalam laga tersebut. Jika menang, City akan hadapi Chelsea atau Tottenham Hotspur di babak final Piala Liga bulan depan.

BACA:  Liverpool Tanpa Roberto Firmino Saat Menjamu Bayern Munchen

Guardiola mengatakan, dia sangat ingin mempertahankan trofi yang dimenangkannya tahun lalu.¬†“Menang itu penting. Kami selangkah lebih dekat untuk kembali ke Wembley. Kami menganggap serius Piala Liga, ini sebuah kompetisi domestik yang ingin dimenangkan semua orang,” tambahnya.