Manchester City Skuad Termahal, Real Madrid dan Barcelona?

Para bintang klub Liga Inggris, Manchester City.
Para bintang klub Liga Inggris, Manchester City.

Manchester City didaulat mencatatkan rekor baru, melewati apa yang sudah dicapai sebelumnya oleh Paris Saint-Germain maupun Manchester United.

Klub bermarkas di kota Manchester tersebut kini memiliki skuad termahal sepanjang sejarah sepak bola usai menggelontorkan uang banyak dalam dua jendela transfer terkini.

Dalam laporan yang diterbitkan oleh CIES Football Observatory, The Skyblues menghabiskan dana sebesar Rp 15,4 triliun pada jendela transfer musim panas dan Januari kemarin.

Angka tersebut merupakan angka tertinggi di antara lima liga top Eropa, dengan masuknya bek Aymeric Laporte sebagai transfer terakhir klub sebesar Rp 1,1 triliun.

Angka Rp 15,4 triliun itu telah menjadikan klub pemimpin klasemen sementara Liga Inggris ini sebagai skuad termahal sepanjang sejarah.

Advertisement

Malahan Paris Saint-Germain yang mendatangkan Neymar dari FC Barcelona dengan label pesepak bola termahal sepanjang sejarah seharga Rp 3,5 triliun, tidak bisa melewati City.

BACA:  Jose Mourinho Perintahkan Jual Bintang Manchester United Ini

Skuad asuhan Unai Emery itu duduk di peringkat kedua skuad termahal dengan taksiran harga total para pemainnya sebesar Rp 14,1 triliun.

Di peringkat ketiga ada Manchester United dengan skuad senilai Rp 13 triliun, diikuti Barcelona sebesar Rp 12,7 triliun. Raksasa Blaugrana itu hanya menduduki urutan keempat walau menjadikan Ousmane Dembele dan Philippe Coutinho sebagai pesepak bola termahal kedua setelah Neymar.

Sementara itu Chelsea ada di posisi kelima dengan harga Rp 10,3 triliun meski kabarnya Antonio Conte tidak puas dengan performa anak asuhnya di musim ini sehingga sempat meminta amunisi anyar pada Januari kemarin.

BACA:  Liverpool Adalah Pesaing Terdekat Manchester City

Juara bertahan Liga Champions Real Madrid ada di posisi keenam dengan skuat senilai Rp 8,7 triliun setelah tidak banyak menggelontorkan uang di dua bursa transfer musim ini.

Di daftar 20 besar skuad termahal ada enam klub asal Inggris, yaitu Liverpool (Rp 8 triliun), Arsenal (Rp 7 triliun), Everton (Rp 6,4 triliun), Tottenham Hotspur (Rp 6,2 triliun), Southampton (Rp 4 triliun) dan Crystal Palace (Rp 3,9 triliun).

Dengan demikian tidak mengherankan andai rata-rata klub Liga Inggris menghabiskan dana sebesar Rp 5,1 triliun untuk mendatangkan amunisi anyar.

Di posisi kedua ada Liga Spanyol dengan rata-rata Rp 2,3 triliun per klub, diikuti Serie A Rp 2,1 triliun, Liga Jerman Rp 1,9 triliun dan Liga Prancis Rp 1,7 triliun.

Ikuti perkembangan berita seputar sepak bola hanya di Gilabola.com