Manchester United Terancam Gagal Dibeli Putera Mahkota Arab Saudi

Liga Inggris, Manchester United

Raksasa Liga Inggris Manchester United kini terancam gagal dibeli oleh Putera Mahkota Arab Saudi. Bukan karena masalah keuangan, namun diklaim tertahan karena kasus pembunuhan sosok Jamal Khashoggi.

Mohammed bin Salman mulai diduga terlibat dalam aksi pembunuhan super cepat jurnalis Arab Saudi tersebut. Adalah Mirror yang kabarkan jika pemilik Manchester United mulai ketakutan dengan kemungkinan peralihan itu. Kabar putra Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud disebut-sebut ada terlibat dalam dugaan pembunuhan sadis terhadap Khashoggi membuat mereka menahan diri.

Jamal Khashoggi dikenal sebagai jurnalis yang kerap berani mempertanyakan kebijakan-kebijakan Arab Saudi. Ia secara mengejutkan telah dilaporkan otoritas Turki terbunuh. Pembunuhan itu diduga melibatkan para algojo, para agen intelijen, dan ahli forensik negara tersebut di Konsulat Jenderal Arab Saudi di Turki, 2 Oktober 2018 silam.

BACA:  Jose Mourinho Mulai Takut Bahas Peluang Juara Manchester United

Pihak Arab Saudi sempat membantah jika Khashoggi telah tewas dibunuh. Setelah sempat membantah, Arab Saudi kemudian berbalik membenarkan kabar jika jurnalis yang tinggal di Washington DC itu tewas terbunuh dan dimutilasi hingga beberapa bagian.

Mirror mengklaim jika pihak Mohammed bin Salman sudah mengajukan penawaran dengan harga tidak main-main untuk bisa membeli Manchester United. Pihak Mohammed bin Salman dikabarkan sudah menyiapkan dana hingga £4 miliar yang kalau dirupiahkan jelas menjadi trilyunan.

Manchester United ingin masalahnya selesai dan jelas dahulu

Total harta keluarga kerajaan Arab Saudi yang mencapai £850 miliar (Rp16.983 triliun) saja jelas nilai yang ditawarkan itu jadi tidak begitu seberapa. Pihak keluarga Glazers mulai ketakutan dengan penawaran tersebut usai mendengar kabar pembunuhan sang jurnalis.

BACA:  Pablo Zabaleta Pensiun di West Ham United Akhir Musim Ini

Manchester United tak mau bergerak lagi meski sosok Avram Glazers baru berada di Kota Riyadh Arab Saudi untuk mengikuti forum internasional. Dikabarkan jika pihak Salman sempat eberapa kali meminta untuk secara khusus bertemu dengan Avram. Alih-alih setuju, namun pemilik Setan Merah itu langsung menghindar dengan perasaan cemas.

Keluarga Glazers yang sudah membeli Manchester United pada tahun 2005 silam dengan dana sebesar £790 juta, diyakini bisa untung besar mencapai £2,2 juta jika pihak putera mahkota Arab Saudi jadi membeli saham klub tersebut. Meski begitu, sepertinya keluarga Glazers lebih memilih menahan diri sebelum pihak peminat bisa menyelesaikan kasus pembunuhan tersebut.