Mantan Kapten Manchester United Mau Potong Gaji, Pindah Amerika

Wayne Rooney merayakan golnya bersama para pemain Manchester United dalam foto tahun 2016 ini.
Wayne Rooney merayakan golnya bersama para pemain Manchester United dalam foto tahun 2016 ini.

Gilabola.com – Seorang mantan kapten Manchester United sudah ngos-ngosan di Liga Inggris, memutuskan menerima pemotongan gaji untuk pindah ke Liga Amerika. Adiknya sudah lebih dulu main di MLS. Siapa?

Wayne Rooney pada Rabu dinihari sedikit lagi hampir membubuhkan tanda tangan untuk melakukan transfer mengejutkan ke klub Major League Soccer Amerika, DC United, kata Sportsmail.

Agen dari kapten Everton itu, Paul Stretford, telah berada di Amerika Serikat dalam beberapa pekan terakhir untuk membahas persyaratan, dan pembicaraan dilaporkan berjalan positif.

Laporan-laporan mengatakan, sebuah kontrak bisa segera disepakati. Jika itu terjadi maka Rooney akan bermain untuk DC United – yang berbasis di Washington di pantai timur Amerika – ketika jendela transfer MLS dibuka pada 10 Juli. Sebuah kontrak yang berdurasi sampai akhir musim 2020 bahkan telah dibahas dengan pihak Rooney.

Advertisement

Klub AS itu sebenarnya sudah pernah mencoba untuk menandatangani Rooney musim panas lalu ketika ia meninggalkan Manchester United, tetapi ia kemudian memutuskan untuk pindah ke Goodison Park sebagai gantinya. DC United juga berusaha membawa masuk Robin Van Persie pada bulan Januari namun tetap memburu seorang striker dengan daya tarik global.

Adik laki-laki Rooney, John, bermain untuk New York Red Bulls pada tahun 2011 dan Washington hanya sekitar delapan jam penerbangan dari Inggris. Jadi, sangat mungkin bagi Rooney untuk pergi pulang, mengingat ia baru saja membangun sebuah rumah baru di pedesaan Cheshire untuk istri dan anak-anaknya.

Rooney sadar bahwa Everton tidak akan menghalangi transfernya karena Sam Allardyce butuh dana untuk membeli sejumlah pemain baru musim depan. Allardyce tidak dapat menjamin waktu bermain bagi mantan kapten timnas Inggris itu. Pemilik klub, Farhad Moshiri, saat ini sependapat dengan penilaian Allardyce terhadap situasi tersebut.

Everton diyakini membayar Rooney dengan gaji sebesar Rp 1,9 Milyar per minggu. Kepergiannya akan menyebabkan klub bisa menghemat banyak dari sisa gajinya, senilai lebih dari Rp 96 Milyar untuk tahun ini, dengan tim baru Rooney akan membayari selisihnya.