Mantan Wasit Liga Inggris Jelaskan Kenapa Gol Emile Smith Rowe Tidak Dianulir

Mantan wasit Liga Inggris Mark Clattenburg menjelaskan mengapa gol pembuka aneh Arsenal yang dicetak Emile Smith Rowe ke gawang Manchester United tidak dianulir dan tetap disahkan menjadi gol.

Memang gelandang Emile Smith Rowe memberi Arsenal keunggulan atas Manchester United setelah 13 menit di Old Trafford pada Jumat (3/12) dini hari WIB, tetapi golnya datang dalam keadaan kontroversial.

Penjaga gawang tuan rumah David de Gea mengalami cedera akibat diinjak rekannya Fred dalam situasi sepak pojok The Gunners, tetapi permainan terus berlanjut dan Emile Smith Rowe melepaskan tembakan dari tepi kotak dengan De Gea masih tergeletak di atas tanah.

Advertisement
KaikoSlot
KaikoSlot

Pertandingan sempat dihentikan sebentar karena pemeriksaan VAR sebelum gol akhirnya disahkan, dengan para pemain Manchester United kemudian melayangkan protes mereka kepada wasit Martin Atkinson sedangkan para pemain Arsenal merayakan gol mereka.

Kini mantan wasit Premier League Mark Clattenburg menegaskan bahwa gol memang harus disahkan karena wasit Martin Atkinson tidak melakukan intervensi dengan meniup peluit sebelum gol dicetak oleh Emile Smith Rowe sehingga golĀ The GunnersĀ akhirnya menjadi sah.

Berbicara di Prime Video, Mark Clattenburg mengatakan, “[Martin Atkinson] harus memberikan gol di sini. Fred secara tidak sengaja menginjak [David] de Gea jadi itu bukan pelanggaran. Dia tidak meniup peluitnya [sebelum bola melewati garis] jadi dia harus mengesahkan gol.”

“Saya belum pernah melihat sesuatu yang luar biasa seperti itu. Namun Martin Atkinson tidak berdaya. Dia tidak melihat David de Gea tergeletak di atas tanah, dia tidak melihat ke arah penjaga gawang. Dia mungkin akan merasa ada pelanggaran dalam persiapan gol dan itulah mengapa VAR ada di sana, tapi ternyata tidak.”

BANDARTOGEL77