Matteo Guendouzi Absen Kontra Liverpool Akibat Kartu Merah

Matteo Guendouzi Absen Kontra Liverpool Akibat Kartu Merah

Gelandang muda Arsenal, Matteo Guendouzi, akan absen pada pertandingan The Gunners melawan Liverpool di Liga Inggris, akibat kartu merah yang diterimanya di laga kontra Blackpool di Piala Liga, Kamis (1/11) dinihari.

Pemain Arsenal berusia 19 tahun, Matteo Guendouzi, dikeluarkan wasit pada menit ke-56 saat Arsenal menang 2-1 di ajang Piala Liga, setelah ia menerima kartu kuning keduanya.

Advertisement
advertisement
advertisement
Dewa303
Dewa303

Para penggemar The Gunners bingung atas kemungkinan turunnya Matteo Guendouzi untuk pertandingan melawan tim besutan Jurgen Klopp pada Minggu (4/11) malam WIB, karena adanya perubahan aturan di awal musim.

Bingung Aturan Baru FA

Asosiasi Sepakbola Inggris (FA) menegaskan pada Agustus lalu, akumulasi kartu kuning tidak akan lagi diberlakukan di seluruh kompetisi. Kartu kuning hanya berlaku pada turnamen yang relevan. Misalnya, jika seorang pemain mendapat kartu kuning di Piala Liga, maka akumulasi kartu itu tidak akan dihitung di Premier League.

Tapi, hal ini tidak berlaku untuk kartu merah. Artinya, Guendouzi akan absen dalam pertandingan melawan Liverpool akhir pekan depan. “Kartu yang diterima dalam kompetisi-kompetisi ini tidak akan masuk hitungan akumulasi untuk proses sanksi,” demikian aturan FA.

“Perlu dicatat, peraturan ini hanya untuk kartu kuning saja dan kartu merah tetap tidak terpengaruh,” lanjut pernyataan FA tersebut.

Unai Emery Tak Ingin Guendouzi Ubah Permainannya

Unai Emery mengatakan, kartu kuning kedua Guendouzi sedikit terlalu kejam. Namun, ia ingin agar si pemain tetap menjaga¬†gaya permainannya. “Dia (Guendouzi) bermain bagus. Dia bermain dengan satu hal yang sangat penting – dengan semangat, kompetitif,” ujar pelatih Arsenal, Unai Emery.

“Aksi ini menjadi aksi yang akan dimainkannya dalam momen normal dalam sebuah pertandingan. Kartu kuning kedua, saya tidak tahu apakah itu pengalaman baginya,” tambahnya.

“Dia bermain dengan semangat yang saya inginkan hari ini dan di setiap pertandingan. Kami berbicara di ruang ganti bahwa pada babak kedua sangat penting untuk tetap mengontrol diri, tapi saya tidak berpikir dia kehilangan kendali dengan aksinya. Saya pikir, kartu merah jadi bagian dari pertandingan,” ujar Emery.

“Itulah sepakbola. Ketika Anda bermain dan Anda berada di lapangan, Anda dapat memiliki hal-hal positif dan hal-hal negatif seperti cedera, seperti kartu merah, seperti 90 menit dengan kerja keras dan kemudian membuat anda tidak bisa memainkan pertandingan lain,” ungkapnya.

“Kartu merah, seperti cedera memang seperti itu. Ini sepakbola,” pungkas mantan pelatih PSG dan Sevilla itu.