Mikel Arteta Hilang 9 Poin, Arsenal Imbang 1-1 Lawan Sheffield

Mikel Arteta Hilang 9 Poin, Arsenal Imbang 1-1 Lawan Sheffield

Mikel Arteta sudah hilang 9 poin di ajang Liga Inggris setelah Arsenal imbang 1-1 lawan Sheffield United pada Sabtu (18/1) malam di Emirates Stadium.

Sejak Arteta secara resmi mengambil alih kursi panas di Emirates Stadium pada 26 Desember lalu, ia sudah kehilangan sembilan poin, hasil tiga kali imbang dan satu kali kekalahan (1-2 lawan Chelsea pada 29 Desember). Termasuk di dalamnya hasil imbang 1-1 malam ini lawan Sheffield.

Sampai sebagian besar pertandingan Arsenal terlihat akan menang berkat gol bintang Brasil berusia 18 tahun ini yang membawa mereka unggul 1-0 atas The Blades. Namun gol John Fleck di menit-menit akhir laga membatalkan tiga poin The Gunners. Satu-satunya gol dilesakkan pemain Brasil 18 tahun keturunan Italia, Gabriel Martinelli, pada detik-detik terakhir babak pertama.

Pertandingan berlangsung kurang seimbang dengan Arsenal mendominasi penguasaan bola sampai 64% selama hampir 90 menit, sebelum anak-anak The Blades mencoba mengambil alih situasi di lapangan tengah pada babak kedua pertandingan tadi malam.

Advertisement
berita bola
jadwal bola
Mimpi 4D
Mimpi 4D

Usaha Sheffield untuk merapatkan pertahanan dan mengandalkan serangan balik terlihat sulit dengan The Gunners berhasil melepaskan tiga tembakan meriamnya ke gawang kiper pinjaman dari Man Utd, Dean Henderson. Nihil tembakan dari tim tamu meski ada empat percobaan serangan yang meleset, sampai John Fleck berhasil membobol gawang Bernd Leno.

Gabriel Martinelli adalah pemain Brasil dengan setengah darah Italia dari ayahnnya. Sepanjang musim panas lalu, tidak kurang dari 25 klub di seluruh dunia mengincar tanda tangannya saat ia masih membela Ituano, namun akhirnya Arsenal adalah klub yang beruntung mendapatkannya. Laga malam ini adalah debut starter pertamanya di bawah Mikel Arteta.

Ada dua, mungkin tiga, peluang tuan rumah untuk menjauhkan jarak pada babak kedua. Salah satunya adalah ketika Nicolas Pepe menerobos masuk ke dalam kotak penalti lawan dan dijatuhkan oleh Jack O’Connell pada menit 69. Tapi wasit Mike Dean tidak berminat memberi penalti. Tak pula repot-repot dengan melihat VAR. Ia meminta laga dilanjutkan.

Setelah itu selisih tiga menit kemudian satu tendangan bebas diberikan bagi The Gunners dan pemain Prancis Alexandre Lacazette mengambilnya, berhasil melontarkan si bundar di atas dinding manusia Sheffield United, tapi bola mendesis sedikit di atas mistar gawang tim tamu. Seharusnya sudah gol!

The Blades bukan tidak menciptakan peluang. Salah satunya yang sangat berbahaya terjadi pada menit 57 saat sebuah tendangan sudut sampai ke depan gawang dan disundul oleh Oliver McBurnie. Beruntung mantan kapten Granit Xhaka ada di posisi yang tepat untuk menurunkan bola dan kemudian membersihkannya tepat dari garis gawang. Para pendukung Arsenal mungkin akan sangat berterima kasih untuk jasanya malam ini.

Tidak ada gol lagi. Anak-anak Mikel Arteta imbang 1-1 atas Sheffield dan hasil ini membawa Arsenal mengantongi 29 poin. Tim tamu tergusur ke posisi ketujuh klasemen dengan 33 poin setelah Wolves menang 3-2 di kandang Southampton.

Starting XI Arsenal vs Sheffield United:

Arsenal : Leno, Maitland-Niles, Mustafi, Luiz, Saka, Torreira, Xhaka, Pepe, Ozil, Martinelli, Lacazette. Cadangan: Martinez, Bellerin, Ceballos, Holding, Willock, Guendouzi, Nketiah.

Sheffield United : Henderson, Baldock, O’Connell, Basham, Egan, Stevens, Fleck, Lundstram, Norwood, Mousset, McBurnie. Cadangan: Verrips, Sharp, Robinson, Jagielka, Freeman, Osborn, Besic.