Musuh Chelsea Malam Ini Lambangnya Dua Pedang, Apa Artinya?

Musuh Chelsea Malam Ini Lambangnya Dua Pedang, Apa Artinya?

Musuh Chelsea malam ini di Liga Inggris pakai lambang dua pedang. Apa ini terkait investasi Pangeran Abdullah dari Arab Saudi?

Sheffield United pada Sabtu (31/8) malam ini tandang ke Stamford Bridge untuk menantang anak buah Frank Lampard pada laga pekan keempat Liga Inggris. Tim tamu saat ini menduduki posisi di atas The Blues pada papan klasemen sementara berkat keunggulan selisih gol, nol banding minus tiga milik Chelsea.

Yang menarik dari Sheffield United ini adalah lambang dua pedang di dalam crest atau lambang klubnya. Apa artinya itu? Apakah ada kaitannya dengan kedatangan Abdullah bin Musa’ad bin Abdul Aziz sebagai investor baru klub?

Lambang Dua Pedang Tak Ada Kaitannya Dengan Pangeran Abdullah

Terserah kalau Pangeran Abdullah merasakan kedekatan antara negaranya, yang bendera negaranya memuat lambang pedang, dengan klub yang berlokasi 52 kilometer sebelah timur pusat kota Manchester, Inggris. Tapi lambang dua pedang di dalam crest klub itu sama sekali tak ada kaitannya dengan Arab Saudi.

Advertisement
berita bola
jadwal bola
Mimpi 4D
Mimpi 4D

Julukan The Blades (“pedang” dalam bahasa Indonesia) untuk Sheffield United berasal dari industri baja di kota itu. Namun gelar The Blades diperoleh secara susah payah. Jauh sebelumnya di kota itu, ‘Blades’ dan ‘Cutlers’ adalah nama julukan yang digunakan untuk semua klub sepak bola Sheffield yang lebih tua.

Pendukung Sheffield United lebih sering mengambil julukan ‘Blades’ daripada ‘Cutlers’ – mungkin karena terdengar lebih seram – dan menuntut agar nama julukan itu jadi milik mereka. Sedangkan penggemar Sheffield Wednesday selalu percaya itu adalah hak mereka untuk menyebut diri mereka ‘Blades’ karena mereka klub yang lebih tua.

Pada tahun 1907, sebuah kartun muncul di surat kabar kota, digambar oleh seorang seniman yang sama sekali tidak akrab dengan Sheffield, menggambarkan klub Sheffield Wednesday sebagai Owlerton (“Oller-tun” untuk penduduk setempat) atau burung hantu dan Sheffield United sebagai pisau. Sejak saat itu, dukungan kota telah secara resmi terbagi dua antara The Owls dan The Blades.

Meski baru mulai digunakan di era 1970-an, crest klub saat ini tampaknya dirancang lebih dari 20 tahun sebelumnya oleh mantan pemain, Jimmy Hagan. Terdiri dari dua pedang bersilang warna putih dengan Mawar Yorkshire di atasnya, dengan latar belakang hitam. Ini dikelilingi oleh cincin merah bertuliskan “Sheffield United F.C.” di bagian atas dan “1889”, tahun klub didirikan, di bawahnya.

Bramall Lane Kandang Sheffield United

Seperti sudah pernah kami sampaikan sebelumnya, stadion ini dibangun di jalan dengan nama sama yang merujuk pada nama keluarga Bramall (sebuah keluarga kaya dan tersohor di kota ini). Keluarga Bramall memiliki ‘Gedung Putih Tua’ di sudut Jalan Bramall dan Cherry Street, dan membangun Rumah Sheaf, yang sekarang menjadi rumah untuk publik yang masih berdiri di puncak Jalan Bramall. Stadion ini awalnya dibuka sebagai tempat bermain kriket. Tapi kemudian juga digunakan untuk pertandingan sepak bola di abad ke-19 oleh Sheffield FC dan Sheffield Wednesday, dan sejak 1889 itu telah menjadi kandang Sheffield United.