Newcastle United Lepas Rafa Benitez, 30 Juni Mendatang

Newcastle United Lepas Rafa Benitez, 30 Juni Mendatang

Gilabola.com – Newcastle United akan melepas sang manajer, Rafa Benitez, saat kontrak pelatih asal Spanyol itu berakhir pada 30 Juni mendatang.

The Magpies menutup musim lalu di peringkat 13 Liga Premier bersama Benitez, yang mengambil alih posisi pelatih The Magpies pada Maret 2016, dan berhasil mengamankan Newcastle tetap di kompetisi teratas Inggris musim depan.

“Kami telah bekerja keras untuk memperpanjang kontrak Rafa selama periode waktu yang signifikan,” demikian pernyataan resmi Newcastle, seperti dilansir dari BBC Sport.

“Tapi, belum – dan tidak akan mungkin untuk mencapai kesepakatan dengan Rafa dan perwakilannya. Proses untuk datangkan pelatih baru yang menggantikannya sekarang akan dimulai,” lanjut pernyataan tersebut.

Bakal Terima Pinangan Klub China

Advertisement
advertisement
advertisement
DepoToto
DepoToto

Berbagai spekulasi pun terus berkembang mengenai masa depan Benitez, yang di antaranya juga pernah mengasuh Liverpool dan Real Madrid itu. Padahal, Benitez bahkan belum meninggalkan klub tersebut.

Benitez dikabarkan telah menerima tawaran 12 juta Poundsterling per tahun untuk mengambil alih posisi pelatih di klub Liga Super China, Dalian Yifang. Para stafnya yang mengikuti Benitez sejak dari Valencia, Liverpool dan Madrid, yakni mulai dari Paco de Míguel Moreno, Antonio Gomez Perez hingga Mikel Antia, juga akan meninggalkan Newcastle United pada 30 Juni nanti.

Newcastle menunjuk Benitez sebagai penerus Steve McClaren di saat klub itu bertengger satu poin di bawah zona aman Liga Premier, di saat kompetisi tersisa 10 pertandingan lagi di musim 2015/16.

Pelatih 59 tahun itupun tidak bisa mencegah saat klub yang bermarkas di St James ‘Park itu terdegradasi di musim berikutnya. Tapi, Benitez mampu mengembalikan Newcastle ke Liga Premier, setelah hanya satu musim merumput di Championship.

Bawa Newcastle Kembali ke Liga Premier

Saat itu, the Magpies berhasil memenangkan gelar juara di kompetisi tier ke dua Inggris itu di musim 2016/17 dan segera mengamankan kembali tempatnya di Liga Premier

Newcastle United pun berhasil menutup musim di posisi 10 pada musim pertama mereka kembali ke Liga Premier, lalu di posisi 13 musim lalu.

“Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada Rafa dan stafnya atas upaya mereka selama tiga tahun terakhir, dan kontribusi signifikan mereka terhadap apa yang telah dicapai secara kolektif,” ungkap pihak Newcastle.

“Kami juga ingin mengucapkan terima kasih kepada para suporter, pemain dan staf kami atas kesabaran mereka selama masa yang penuh ketidakpastian,” tambah pihak klub.

Sejauh ini, ada pula pembicaraan pemilik Newcastle, Mike Ashley, dengan miliarder Uni Emirat Arab, Sheikh Khaled bin Zayed Al Nahyan, mengenai penjualan klub tersebut pada musim panas ini.