Pelatih Arsenal Kena Bumerang Pernah Cibir Arsene Wenger

Pelatih Arsenal Kena Bumerang Pernah Cibir Arsene Wenger

Pelatih Arsenal, Unai Emery, akhirnya kena bumerang karena pernah cibir taktik Arsene Wenger di klub Liga Inggris tersebut.

Lini pertahanan Arsenal ternyata masih jauh lebih solid saat masih ditangani oleh Arsene Wenger daripada saat Emery latih. Tak ingin terlalu malu, Emery masih berikan jawaban diplomatis terkait satu hal ini.

Sang manajer sendiri pernah menjelaskan visinya yang cukup baik bagi Arsenal menjelang saat bergabung di London dulunya. Emery pernah utarakan jika prioritas utamanya menciptakan tim yang seimbang. Sang manajer mencibir lini pertahanan Arsenal era Wenger terlalu ringkih.

Belakangan ketika tim mulai bermain dengan bagus seperti era Arsenal di bawah Unai Emery, mereka malah lebih banyak kebobolan dalam rata-rata satu laganya. Menampar balik Emery, angka kali ini jadi yang paling rendah jika dibandingkan dengan satu dekade kepemimpinan Arsene Wenger.

BACA:  Arsenal vs BATE Borisov: Kerja Ekstra Keras Tuan Rumah

Emery sudah mendatangkan kiper Bernd Leno, pemain bek Sokratis dan Stephan Lichsteiner, plus tetap mempertahankan gelandang bertahan Matteo Guendouzi dan Lucas Torreira. Melihat masih banyak pekerjaan rumah yang harus ia benahi, Emery akui jika ia perlu waktu lebih lama untuk memastikan tim yang ia pegang jauh lebih baik pertahanannya daripada era Wenger.

Pelatih Arsenal masih adaptasi

Advertisement
OLE777
OLE777

Tercatat jika dalam musim 2009-10, Arsenal kebobolan rata-rata 1 gol saja pada setiap pertandingan mereka. Angka tersebut lantas mulai turun jadi 0,9 gol pada tahun 2014 dan tahun 2016.

BACA:  PSG Ingin Boyong Matteo Guendouzi Kembali ke Prancis

Sementara musim lalu, pertahanan Arsenal lebih rapuh hingga kebobolan 51 gol. Sampai sekarang, Arsenal kadung kebobolan 32 gol!

“Adakalanya kami bisa menunjukkan kemajuan, tapi kadang ada masalah lain saat saya perlu waktu lebih lama lagi, salah satunya untuk bentuk konsistensi di lini belakang Arsenal. Masih banyak juga yang harus saya benahi,” ujar Unai Emery.

Saat bergabung di Arsenal, Emery sempat kritik Arsenal era Arsene Wenger. Arsenal yang dulu ia nilai konsisten di pertahanan tapi parah dalam urusan menyerang.

“Dalam masa transisi di bawah Arsene Wenger, tugas kami adalah dengan membuat pertahanan sebaik mungkin dan menambahkan kualitas di lini depan kami. Hal itu yang terjadi pada saat Arsenal jadi tim juara.”

BACA:  Arsenal Incar Kiper Burnley

Kondisinya mulai berbalik. Arsenal selalu bagus menyerang, dengan para pemain yang secara teknik sangat bagus juga, namun pertahanan mereka tak kalah keropos jika dibandingkan era Wenger. Emery berdalih jika Arsenal masih berada dalam transisi.

“Saya tak mau kehilangan semua yang bagus dari tim ini. Kadang pertahanan kami tidak terlalu solid ya, tapi toh kami masih menang karena secara menyerang kami terus dapat banyak peluang. Saya masih belajar memastikan tim ini jangan sampai kehilangan apa yang sudah kami dapat. Tapi memang benar juga ya, kami harus bisa membuat lini belakang lebih kuat lagi,” pungkasnya.