Pemenang Best FIFA Football Awards 2023: Pep Guardiola Raih Penghargaan Pelatih Terbaik

Pep Guardiola meraih penghargaan sebagai pelatih terbaik dalam Best FIFA Football Awards 2023 setelah membawa Manchester City meraih treble epik pada musim sebelumnya.

Pelatih yang sebelumnya menangani Barcelona dan Bayern Munchen tersebut berhasil membawa skuat bintangnya, yang dipimpin oleh Erling Haaland dan Kevin De Bruyne, meraih gelar juara di Liga Premier, Piala FA, dan Liga Champions.

Guardiola berhasil mengungguli pesaingnya, antara lain pelatih Inter, Simone Inzaghi, dan pemenang scudetto Napoli, Luciano Spalletti, yang saat ini menangani tim nasional Italia.

Prestasinya sebagai pelatih juga mencatatkan sejarah, karena Guardiola menjadi pelatih pertama yang memenangkan treble Eropa dua kali, setelah sebelumnya meraihnya pada tahun 2009 bersama Barcelona.

Pelatih Barcelona saat ini, Xavi, sebelumnya masuk dalam daftar calon sebelum dipilihnya tiga finalis. Ange Postecoglou juga mendapatkan pengakuan atas keberhasilannya meraih treble domestik bersama Celtic sebelum bergabung dengan Tottenham Hotspur.

Penghargaan ini merupakan yang pertama bagi Guardiola, setelah sebelumnya finis sebagai runner-up pada tahun 2019 dan menduduki peringkat ketiga pada tahun 2021 dan 2022. Kemenangannya juga menandai kembalinya trofi ini ke pelatih klub, setelah sebelumnya diterima oleh Lionel Scaloni usai membawa Argentina meraih gelar Piala Dunia di Qatar.

Guardiola menjadi manajer ketujuh yang meraih penghargaan pelatih pria, masih kalah dari Jurgen Klopp yang memenangkannya secara beruntun pada tahun 2019 dan 2020. Sebelumnya, pelatih-pelatih seperti Zinedine Zidane, Didier Deschamps, Claudio Ranieri, dan Thomas Tuchel juga sukses meraih penghargaan ini.

Dari skuad Manchester City, Haaland masuk sebagai salah satu dari tiga finalis bersama Kylian Mbappe dan Lionel Messi untuk penghargaan The Best FIFA Men’s Player. Sementara itu, De Bruyne, Ilkay Gundogan (yang kini bermain di Barcelona), Rodri, dan Bernardo Silva juga masuk dalam daftar calon. Ederson juga dinominasikan untuk Best FIFA Men’s Goalkeeper.

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP GILABOLA.COM UNTUK MENDAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR SEPAK BOLA! KLIK DI SINI GIBOLERS!

Meskipun memulai musim ini dengan sedikit lambat setelah pencapaian luar biasa pada musim 2022/23, Manchester City kini sudah aman melaju ke babak gugur Liga Champions dan hanya tertinggal dua poin di belakang Liverpool di puncak klasemen Liga Inggris.