Pencarian Pemain Cardiff City Emiliano Sala Temui Titik Terang

Pencarian Pemain Cardiff City Emiliano Sala Temui Titik Terang

Pencarian Emiliano Sala di perairan Selat Inggris temui titik terang. Satu tubuh dinyatakan terlihat di reruntuhan pesawat yang membawa pesepakbola asal Argentina itu dari Nantes ke Cardiff City, dan pilot David Ibbotson.

Pencarian pada Minggu (3/2) waktu setempat menemukan pesawat jenis Piper Malibu itu di dasar Laut Guernsey, hampir dua pekan setelah Emiliano Sala dinyatakan hilang dalam perjalanan dari markas klub Ligue 1, Nantes, menuju Cardiff City.

Badan Investigasi Kecelakaan Udara (AAIB) mengonfirmasikan penampakan tersebut pada Senin (4/2) pagi waktu setempat, atau Senin malam WIB. Kini, tengah dipertimbangkan langkah selanjutnya.

‘Bagian besar’ dari puing pesawat itu, yang hilang pada 21 Januari lalu, telah ditemukan pada Minggu pagi setelah pencarian yang didanai secara pribadi dilakukan.

Pencarian dengan Kendaraan dari Jarak Jauh

Advertisement
advertisement
advertisement
DepoToto
DepoToto

Penerbangan itu membawa striker asal Argentina, Emiliano Sala, 28 tahun, dan pilot David Ibbotson, 59 tahun, dari Nantes di Prancis barat laut, ke Cardiff City, setelah Sala menyelesaikan transfer senilai 15 juta Poundsterling (Rp276 miliar) ke klub Liga Premier tersebut.

“Kendaraan yang dioperasikan dari jarak jauh (ROV) lakukan pencarian lebih lanjut dari daerah tersebut sepanjang malam. Tapi tidak mengidentifikasi potongan rongsokan tambahan,” demikian pernyataan resmi AAIB.

“Tragisnya, dalam rekaman video dari ROV tersebut, terlihat satu tubuh yang diduga penghuni pesawat di antara reruntuhan. AAIB sekarang tengah mempertimbangkan langkah selanjutnya, dengan berkonsultasi lebih dulu dengan keluarga pilot dan penumpang, juga pihak kepolisian,” lanjut pernyataan tersebut.

Reruntuhan Pesawat Ditemukan 63 Meter di Bawah Air

AAIB menambahkan, pihaknya bermaksud untuk menerbitkan laporan sementara dalam waktu sebulan setelah kecelakaan itu terjadi. Namun, sejauh ini belum ada keputusan apakah akan dilakukan mengangkat reruntuhan pesawat ke permukaan laut.

Ahli kelautan dan ilmuwan kelautan, David Mearns, membenarkan puing-puing pesawat yang membawa Sala telah ditemukan pada Minggu (3/2), sekitar 63 meter di bawah air, setelah ‘beberapa jam’ mencari di dasar laut.

Seruan online yang dimulai agen Sala sebelumnya telah mengumpulkan donasi sebesar 324 ribu Poundsterling (Rp5,9 miliar) untuk dilakukannya pencarian pribadi, yang ditawarkan Mearns untuk membantu.

Mereka kemudian bekerja sama dengan AAIB, kapal yang dimiliki Mearns dan kapal pencari lainnya, Geo Ocean III. Mereka mulai menyisir area seluas empat mil persegi, 24 mil laut utara Guernsey.