Pep Guardiola Ogah Cari Duit Sampai Tua Seperti Roy Hodgson

Pep Guardiola Ogah Cari Duit Sampai Tua Seperti Roy Hodgson

Pep Guardiola tidak mau cari duit sebagai pelatih sampai tua, seperti yang dilakoni oleh manajer Crystal Palace Roy Hodgson, tim yang akan menantang Manchester City akhir pekan ini.

The Skyblues akan menjamu The Eagles di Stadion Etihad pada Sabtu (18/01) malam WIB nanti, dengan harapan bisa menipiskan jarak dengan Liverpool di papan klasemen sementara Liga Inggris.

Laga tersebut dilangsungkan di hari spesial, yaitu pada hari ulang tahun Guardiola, yang sudah berkarir sebagai pelatih selama 12 tahun, dimulai dari Barcelona B, Bayern Munchen dan sekarang di Manchester City. Beragam trofi dan gelar di level klub telah diraihnya, sebagaimana penghargaan pribadi, baik sebagai pemain maupun pelatih.

Akan tetapi Pep Guardiola membantah akan terus berkiprah di sisi lapangan sampai hari tua, seperti yang dilakukan Roy Hodgson di usianya yang kini menginjak 72 tahun.

Advertisement
berita bola
jadwal bola
Mimpi 4D
Mimpi 4D

“Jika saya masih menyukai dan mendapatkan tawaran, dan mempunyai semangat dan menikmati, serta jika orang-orang di dalam dan di luar lapangan dan saya sendiri nyaman [maka akan terus melatih],” kata pria berpaspor Spanyol ini.

“Saya tidak berkata bahwa saya akan pensiun pekan depan atau tahun depan, tapi saya rasa saya tidak akan menangani sebuah tim di usia seperti itu. Namun saya sendiri belum tahu [apa yang akan terjadi nanti].”

“Saya pikir ketika Anda berlatih di usia 72 tahun itu artinya Anda bosan di rumah! Itu mungkin alasannya kenapa, tapi menjadi pelatih adalah pekerjaan yang adiktif. Pekerjaan kami memang bagus!”

“Saya rasa hal yang terpenting ketika Anda memutuskan untuk pensiun adalah untuk mempunyai keingintahuan untuk melakukan hal lainnya. Ketika itu terjadi, maka tidak masalah [untuk pensiun].”

“Masalahnya adalah jika sepanjang hidup melakukan pekerjaan yang sama dan tidak mempunyai ketertarikan melakukan hal lainnya, maka Anda akan berada di rumah tanpa melakukan apapun.”

“Namun jika Anda bepergian atau melakukan hal yang berbeda… Saya tertarik melakukan hal-hal yang berbeda dan ketika saya tidak lagi menjadi manajer maka saya akan melakukannya. Namun saat ini saya menikmati pekerjaan ini dan ingin terus melanjutkan karir.”

“Tentu saja saya mengagumi dia (Roy Hodgson). Ia mempunyai semangat yang luar biasa dengan tetap menjadi manajer di usianya yang sudah tidak muda lagi. Dia pun menjalani karir dengan baik.”