Pep Guardiola Tolak Liga Super Eropa Meski Diiming-Iming Duit 6 Trilyun Rupiah

Gilabola.com – Manajer Manchester City Pep Guardiola mengkhawatirkan masa depan Liga Inggris di tengah pembicaraan Liga Super Eropa, mengatakan kompetisi lokal perlu dilindungi dari kepentingan klub-klub raksasa yang ingin memisahkan diri.

Liga Super Eropa tengah menjadi pembicaraan hangat belakangan ini, idenya adalah kompetisi ini memisahkan diri dari Liga Champions dan hanya menampung klub-klub raksasa dari berbagai liga terbaik Eropa.

Klub enam besar Premier League Manchester United, Manchester City, Liverpool, Chelsea, Arsenal, dan Tottenham Hotspur semua bahkan digoda dengan bayaran mencapai 6 Trilyun rupiah untuk bergabung ke Liga Super Eropa, ditambah pendapatan minimal 2,5 Trilyun per tahun.

Advertisement
K9Win
K9Win

Namun Pep Guardiola mengatakan bahwa Liga Super Eropa berpotensi mengganggu liga domestik, sembari mengeluarkan uneg-unegnya bahwa jumlah tim di papan atas Liga Inggris dapat dikurangi untuk meningkatkan kualitas kompetisi ketimbang hanya memperbesar kuantitas.

Mantan bos Barcelona dan Bayern Munchen itu mengatakan, “Saya ingin melindungi liga lokal. Saya suka bermain melawan Leicester, Brighton, Burnley, Arsenal, West Bromwich, Liverpool… Saya menyukainya. Untuk membuat Liga Super Eropa super yang luar biasa, Anda harus membuat Liga Inggris yang luar biasa. Untuk itu Anda harus mengurangi tim, kurangi kuantitas.”

“Apa yang harus kami lakukan adalah membuat setiap liga di Eropa lebih kuat dari sekarang – jika itu berarti lebih sedikit tim, kompetisi yang lebih baik, Liga Satu dan Liga Dua dengan tim yang lebih sedikit di setiap kompetisi, pilih kualitas bukan kuantitas. Tapi saya menegaskan bahwa kami tidak bisa kehilangan arti pentingnya liga lokal, apa artinya bermain di Piala FA besok atau apa artinya bermain di Piala Liga.”