Pindah ke Liverpool, Alisson Becker Pecahkan Rekor Transfer Gianluigi Buffon

Liga Inggris - Tinggalkan AS Roma dan Gabung Liverpool, Alisson Becker Pecahkan Rekor Transfer Gianluigi Buffon Sebagai Kiper Termahal Dunia.
Liga Inggris - Tinggalkan AS Roma dan Gabung Liverpool, Alisson Becker Pecahkan Rekor Transfer Gianluigi Buffon Sebagai Kiper Termahal Dunia.

Gilabola.com – Transfer Alisson Becker dari AS Roma ke Liverpool berhasil pecahkan rekor transfer kiper termahal dunia, Gianluigi Buffon, saat ia tinggalkan Parma dan gabung Juventus pada musim panas 2001 silam.

AS Roma mengonfirmasikan, mereka menerima hingga 72,5 juta euro (sekitar 1,2 triliun rupiah) dari Liverpool terkait transfer Alisson Becker. Sedangkan saat Gianluigi Buffon tinggalkan Parma, ia ditransfer Juventus sekitar 52 juta euro (868 miliar rupiah) – dan jadi transfer kiper termahal dunia yang bertahan hingga sebelum ada transfer Alisson.

Secara resmi dikonfirmasikan Kamis (19/7) malam waktu setempat, Alisson Becker yang jadi kiper andalan Timnas Brasil di Piala Dunia 2018 itu segera gabung ke Anfield, dan berhasil pecahkan rekor yang telah bertahan sejak 17 tahun lalu.

Advertisement
advertisement
advertisement

Biaya transfer Alisson itu menjadi biaya tertinggi yang pernah dibayarkan untuk seorang shot-stopper. Sementara itu transfer Manchester City untuk kiper Ederson yang sebesar 40 juta euro atau sekitar 668 miliar rupiah, menjadi transfer termahal ke dua untuk seorang penjaga gawang.

Lalu, ada Gianluigi Buffon yang tinggalkan Juventus ke PSG dengan transfer sekitar 35 juta euro atau 584 miliar rupiah dan jadi transfer kiper termahal ke tiga di dunia.

Sementara, Manuel Neuer sekarang turun ke posisi keempat dalam daftar kiper termahal sepanjang masa, setelah ia ditransfer dari Schalke ke Bayern Munchen sebesar 30 juta euro atau 501 miliar rupiah pada 2011 lalu.

Sedangkan kiper Timnas Inggris, Jordan Pickford, ada di urutan kelima dengan transfer sebesar 28,5 juta euro atau sekitar 476 miliar rupiah dari Sunderland ke Everton pada musim panas lalu.