Plus Minus Kembalinya Cristiano Ronaldo ke Man Utd, Banyak Positif Atau Negatifnya?

Gilabola.com – Cristiano Ronaldo dikabarkan baru saja menyelesaikan tes medisnya di Lisbon dan diharapkan segera menyelesaikan persyaratan lainnya untuk bisa tersedia melakukan debut keduanya bersama Manchester United melawan Newcastle United pada 11 September 2021.

Kabarnya bahwa Cristiano Ronaldo dikontrak dengan durasi kontrak dua tahun hingga musim panas 2023 mendatang, dibayar Rp 7,6 Trilyun per pekan yang akan membuatnya menjadi pemain dengan bayaran tertinggi di Old Trafford.

Namun bagaimana pengaruh kedatangan penyerang internasional Portugal itu bagi Manchester United? Berikut analisis dampak pemenang lima Ballon d’Or bagi tim besutan Ole Gunnar Solskjaer musim ini.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
Totobet
Totobet
978Bet
978Bet

Dampak Positif

Seperti disebutkan oleh Chris Sutton, tentu saja kembalinya Cristiano Ronaldo ke Old Trafford sangat menguntungkan secara komersial, dengan laporan sebelumnya bahkan sudah menyebutkan bahwa saham Manchester United langsung meroket hingga Rp 4,2 Trilyun usai memulangkan mantan ikon mereka tersebut.

Penyerang berusia 36 tahun itu juga akan menggaransi gol bagi The Red Devils dengan catatan golnya yang luar biasa, 118 gol di periode pertamanya di United, menjadi top skor sepanjang masa Real Madrid dengan 450 gol dan 101 gol selama tiga musim di Juventus.

Sementara sebagaimana yang ditegaskan oleh Roy Keane, tentu saja mentalitas dan jiwa pemenang Cristiano Ronaldo akan sangat penting bagi skuad United yang kebanyakan bermaterikan pemain muda dan masih minim trofi. Perlu dicatat bahwa tim Ole Gunnar Solskjaer juga belum pernah memenangkan trofi apapun sejak bos Norwegia itu mengambil pekerjaan pada Desember 2018. Peluang gelar mereka kini semakin terbuka.

Para pemain terutama pemain muda macam Marcus Rashford, Jadon Sancho, hingga Mason Greenwood tentu saja akan semakin termotivasi untuk bermain dan berkembang dengan keberadaan salah satu pemain terbesar sepanjang masa tersebut.

Antusiasme dan euforia fans Manchester United juga pastinya akan sangat meningkat yang bisa meningkatkan atmosfer stadion, menyalurkan energi positif, dan jika memungkinkan, akan membuat stadion lebih terisi oleh fans yang antusias untuk melihat aksi mantan ikon klub yang kembali tersebut.

Dampak Negatif

Ketika transfer Cristiano Ronaldo diresmikan, Manchester United langsung dikabarkan ingin melego beberapa pemainnya karena tahu bahwa mereka kini semakin sulit mendapatkan jam bermain. Sementara Amad Diallo batal pergi karena cedera, Daniel James sekarang di ambang pindah ke Leeds United.

Ole Gunnar Solskjaer telah berjanji di awal musim bahwa Mason Greenwood akan mendapatkan peran lebih banyak untuk bermain sebagai striker sentral, tapi penyerang remaja berusia 19 tahun itu bisa melihat dirinya kembali digeser ke sayap kanan untuk memfasilitasi superstar Portugal tersebut di ujung tombak serangan. Apalagi baru saja taktisi Norwegia itu mengisyaratkan bahwa dia akan menempatkan Cristiano Ronaldo sebagai striker sentral ketimbang penyerang sayap.

Dengan energi para pemain muda dan filosofi ala Alex Ferguson, United besutan Ole Gunnar Solskjaer memainkan sepak bola menyerang yang cepat dan mantan Juventus berusia 36 tahun bisa menghambat kecepatan dan kolektivitas serangan tim. Satu-satunya cara bisa meminimalisir dampak perlambatan permainan The Red Devils adalah dengan menempatkan pencetak 450 gol bagi Real Madrid itu sebagai goal getter atau ujung tombak serangan.

Sementara bos Norwegia akan sangat senang karena punya skuad yang lebih mumpuni sekarang, tekanan padanya di sisi lain juga akan meningkat untuk tidak boleh lagi menyelesaikan musim tanpa trofi seperti musim-musim sebelumnya, seperti yang sudah diperingatkan oleh Wayne Rooney.

Satu lagi, Bruno Fernandes mungkin akan kehilangan perannya sebagai eksekutor penalti Manchester United dan peluang tembakan bebas mereka juga bisa semakin buruk jika Cristiano Ronaldo juga mengambil jatah free kick, lantaran rekornya beberapa tahun ini sangat mengkhawatirkan.

AHABET
AHABET
HKINDO
HKINDO