Raheem Sterling Tuding Media Inggris Pelihara Rasisme

Raheem Sterling Tuding Media Inggris Pelihara Rasisme

Gilabola.com – Raheem Sterling dengan berani menuding jika media Inggris yang telah memelihara rasisme di Liga Inggris. Pemain Manchester City itu kritik pemberitaan tak berimbang yang malah membantu menyuburkan rasisme dalam sepakbola.

Raheem Sterling baru menjadi korban rasisme saat Manchester City kalah skor 2-0 dari Chelsea di Stamford Bridge, Sabtu (8/12) waktu setempat. Pihak kepolisian masih menginvestigasi kasus ini terkait siapa saja para suporter Chelsea yang diduga menghina Sterling dengan ucapan-ucapan rasis.

Sehari setelah kejadian tak mengenakkan itu, Sterling membuat sebuah unggahan di akun Instagram miliknya dengan fokus judul tidak berimbangnya Daily Mail dalam memberitakan rumah baru dua rekan setimnya, Tosin Adarabioyo dan Phil Foden.

Dalam meliput Tosin Adarabioyo, yang memang tidak berkulit putih, dituliskan bahwa sang pemain “menghabiskan £2,25 juta untuk sebuah rumah meski belum pernah bermain di gelaran Liga Primer Inggris”. Sementara pada judul Foden tertulis jika sang pemain “membelikan rumah senilai £2 juta untuk ibundanya”.

Raheem Sterling geram kontrasnya pemberitaan yang dibuat

Advertisement
advertisement
advertisement
DepoToto
DepoToto

Kontras dua pemberitaan yang sekilas mirip tapi tidak sama tersebut langsung membuat Raheem Sterling emosi jiwa. “Mereka sudah bermain di tim yang sama dan melakukan sesuatu yang benar dalam hal ini, yakni sama-sama membelikan rumah baru untuk ibunya, yang telah memberikan banyak waktu dan tenaga kepada mereka dalam cinta hingga sukses seperti saat ini,” tulis Sterling.

“Tapi coba kita lihat apa yang ditulis media ini terhadap si pemain muda berkulit gelap dan si pemain muda berkulit putih. Bagi saya apa yang ditulis ini sangat tidak bisa diterima, tapi ya inilah yang dituliskan. Si pemuda berkulit gelap telah mendapatkan sorotan yang sangat negatif.”

“Berita-berita seperti ini telah membantu menyuburkan rasisme dan segala perilaku agresif fans terhadap pemain. Kepada seluruh media, saya minta berikanlah porsi publikasi yang adil dan setara kepada setiap pemain,” pungkasnya dengan penuh harap.