Raja Jatuh! Pesawat Pemain Cardiff City Emiliano Sala Punya Reputasi Buruk

Raja Jatuh! Pesawat Pemain Cardiff City Emiliano Sala Punya Reputasi Buruk

Pesawat naas Piper Malibu yang ditumpangi striker anyar Cardiff City Emiliano Sala ternyata memiliki reputasi buruk sebagai raja jatuh. Hingga kini puing-puing peawat belum kunjung ditemukan.

Info soal reputasi pesawat ini muncul bersamaan dengan bantahan dari Cardiff City, yang dituding seolah-olah mengabaikan keselamatan pemainnya, dengan membiarkan Sala terbang dari Nantes ke Cardiff menggunakan pesawat kecil bermesin baling-baling tunggal.

Emiliano Sala dijadwalkan untuk memulai sesi latihan bersama rekan-rekan barunya di Cardiff City pada Selasa sore waktu lokal (Selasa malam waktu Indonesia). Tapi pesawatnya yang menempuh perjalanan sejauh 740 kilometer dari Nantes, tak pernah sampai ke kota Cardiff di Wales.

Jarak 740 kilometer itu lumayan jauh, setara dengan jarak udara dari Jakarta ke Pontianak di Kalimantan Selatan.

Advertisement
advertisement
advertisement
Dewa303
Dewa303

Pesawat yang ditumpangi oleh pemain asal Argentina itu dilaporkan hilang di sekitar Kepulauan Channel di lepas pantai Prancis pada Senin malam sekitar pukul 8 malam waktu lokal (Selasa dinihari Indonesia). Tim pencari dari kedua negara sejauh ini belum menemukan apa pun.

Lokasi jatuhnya pesawat dikenal sebagai daerah yang menyeramkan karena di masa lalu banyak kapal-kapal yang karam di kawasan itu dan menyebabkan banyak korban jiwa.

Emiliano Sala Pesan Charter Pesawat Itu Sendiri

Cardiff City mengklaim mereka sudah menawarkan penerbangan komersial untujk Emiliano Sala tapi mantan pemain Nantes itu menolak tawaran tersebut dan mengatur penerbangannya sendiri pada malam naas tersebut, menggunakan pesawat charteran balikng-baling bermesin satu, Piper Malibu.

Raja Jatuh! Pesawat Pemain Cardiff City Emiliano Sala Punya Reputasi Buruk

Apa yang Emiliano Sala tak ketahui adalah, pesawat ini dikenal sebagai raja jatuh. Pakar penerbangan dan mantan pilot Alastair Rosenschein, seperti dikutip oleh The Sun, mengatakan Sala seharusnya membatalkan penerbangan.

Piper Malibu Sudah 160 Kali Jatuh

Rosenchein menambahkan bahwa Piper Malibu memiliki reputasi buruk dengan 160 insiden jatuh, 55 di antaranya menimbulkan korban jiwa.

“Ini sudah pasti merupakan penerbangan yang cukup berisiko untuk dilakukan dengan pesawat bermesin tunggal, terutama di musim dingin dan pastinya di malam hari [dengan visual yang buruk]. Ada masalah es juga [di sayap dan di semua kontrol penerbangan].”

“Adalah hal yang aneh untuk dilakukan, pergi terbang di atas air dengan satu mesin pada malam hari di musim dingin karena jika mesin Anda gagal bekerja, Anda akan masuk ke dalam air.”

“Ketika saya mencarinya (catatan soal Piper Malibu), ada lebih dari 160 kecelakaan serius, yang jumlahnya cukup besar. Sebanyak 55 di antaranya merupakan kecelakaan fatal. Itu jumlah yang besar untuk sebuah pesawat yang tidak diproduksi cukup banyak.┬áSejak 2000, ada 24 kecelakaan fatal.”

“Kita tidak bisa membandingkan penerbangan umum atau pesawat ringan ini dengan penerbangan komersial yang sangat aman dan kecelakaan sangat jarang terjadi.”

Belakangan juga terungkap pesawat Emiliano Sala itu membutuhkan empat kali percobaan take off sebelum akhirnya benar-benar menghilang di Selat Inggris.