Rapor Pemain Chelsea 2-0 Newcastle, Giroud & Werner Nyekor, Kovacic Terbaik!

Gilabola.com – Thomas Tuchel mungkin saja cukup menyesal dengan cedera yang diderita Tammy Abraham di awal pertandingan, tapi di sisi lain masuknya Olivier Giroud sebagai pengganti malah memberikan peruntungan dan dampak instan bagi Chelsea.

Chelsea memetik kemenangan kelima beruntun mereka di bawah asuhan bos anyar Thomas Tuchel usai berhasil mengalahkan Newcastle United dengan skor 2-0 dalam laga lanjutan Premier League di Stamford Bridge pada Selasa (16/2) dini hari WIB.

Bos Jerman membuat keputusan mengejutkan dengan menurunkan Kepa Arrizabalaga sejak menit awal dan menariknya kiper Spanyol itu berhasil tampil mengesankan dan clean sheet dua kali beruntun dalam dua kesempatan usai sebelumnya bermain melawan Barnsley.

Advertisement
QQCepat
QQCepat

Thomas Tuchel juga menurunkan Tammy Abraham sejak menit pertama, tapi sayang bomber Inggris itu harus ditarik menit ke-20 karena cedera dan dia tidak beruntung tidak mendapatkan penalti saat dijegal di kotak terlarang, dan Olivier Giroud kemudian masuk menggantikannya.

Masuknya striker Prancis ternyata memberikan dampak instan bagi The Blues saat pemenang Piala Dunia 2018 tanpa shoot on target itu berhasil membuka skor menit ke-31, sebelum upaya sundulannya berperan pada proses terciptanya gol Timo Werner, gol pertama penyerang Jerman setelah 14 pertandingan.

Dengan hasil ini Chelsea kini naik ke urutan keempat klasemen dengan menggusur West Ham dan Liverpool, dan berikut rapor pemain mereka usai kemenangan atas Newcastle tadi malam.

  • Kepa Arrizabalaga (GK) – 7,5 – membuktikan bahwa dia masih layak mendapatkan kepercayaan. Kepa salah satu penampil terbaik Chelsea malam ini, melakukan empat penyelamatan termasuk penyelamatan menakjubkan dari heading Willock menit ke-74.
  • Cesar Azpilicueta (CB) – 7,0 – memiliki koneksi yang baik dengan Callum Hudson-Odoi untuk menghidupkan serangan di sayap kanan. Membawa bola keluar dari pertahanan dengan baik dan tidak lupa dengan tugas defensifnya.
  • Andreas Christensen (CB) – 7,0 – kekuatan dan kepercayaan dirinya dalam duel-duel bola udara menjadi kelebihannya dan membuat pertahanan Chelsea tetap aman dari percobaan permainan umpan silang tim tamu.
  • Antonio Rudiger (CB) – 6,5 – kadang agak canggung, tapi tetap melakukan pekerjaan defensifnya dengan baik serta bagus dalam membantu Christensen untuk menghalau serangan-serangan lewat udara.
  • Callum Hudson-Odoi (RWB) – 7,0 – performa yang energik dan efektif meskipun penyelesaian akhirnya masih kurang. Hudson-Odoi selalu menawarkan ancaman berarti dari sisi kanan serangan dengan kelincahan dan kualitas tekniknya.
  • Mateo Kovacic (CM) – 8,0 – mungkin unsung hero dalam permainan dan kemenangan Chelsea ini. Kovacic benar-benar menghidupkan lini tengah timnya, sangat lincah dan bagus dalam kontrol bola di kakinya, memenangkan delapan dribel, sementara akurasi umpannya mencapai 96 persen. Kovacic juga pemain dengan sentuhan terbanyak (108).
  • Jorginho (CM) – 6,5 – umumnya bermain dengan aman dan melakukan umpan-umpan dan permainan sederhana. Bagus dalam melindungi trio bek tengah timnya.
  • Marcos Alonso (LWB) – 7,0 – peran wingback memang lebih cocok untuk Alonso yang agresif ketimbang fullback, dengan pemain Spanyol itu banyak menawarkan agresivitas di sisi kiri serangan, melakukan lima tembakan.
  • Mason Mount (RW) – 7,0 – eksekusi bola matinya yang luar biasa mengawali terciptanya gol yang telah lama ditunggu-tunggu oleh Werner. Mengemas lima umpan kunci sepanjang laga, terbanyak dari semua pemain dari kedua tim.
  • Tammy Abraham (CF) – nihil – hanya bermain selama 20 menit dan berpotensi cedera serius.
  • Timo Werner (LW) – 7,5 – pengambilan keputusannya terkadang masih sedikit tidak menentu, tetapi dia terlibat pada proses terciptanya gol Giroud sementara dia juga akhirnya mencetak gol pertamanya setelah 14 pertandingan.
  • Olivier Giroud – 7,0 – masuk untuk langsung membuka skor bagi timnya sebelum upaya tandukannya pada bola mati Mount berperan dalam mengganggu pertahanan tim tamu dan menghasilkan gol Werner.
  • N’Golo Kante – nihil – menambah kekuatan di lini tengah saat Newcastle tampil lebih agresif di penghujung laga.
  • Reece James – nihil – punya satu kesempatan untuk merepotkan Darlow.

Rapor pemain Newcastle : Karl Darlow (5,5); Emil Krafth (5,0), Jamaal Lascelles (6,0), Ciaran Clark (5,5), Jamal Lewis (5,0); Jonjoe Shelvey (6,0), Isaac Hayden (6,5), Joe Willock (5,0), Miguel Almiron (5,0); Dwight Gayle (5,0), Alan Saint-Maximin (6,0); Joelinton (6,0), Ryan Fraser (nihil), Andy Carroll (nihil),