Rapor Pemain Liverpool 0-2 Everton, Kabak Lakukan Kesalahan Lagi, Arnold Ceroboh

Gila Bola – Everton meraih kemenangan mengejutkan 2-0 dalam derby Merseyside di Anfield pada Minggu (21/2) dini hari WIB, menenggelamkan Liverpool di kandang untuk keempat kalinya secara beruntun di Liga Inggris, rekor terburuk mereka dalam 98 tahun.

Everton sudah memecah kebuntuan setelah hanya dua tiga menit waktu berjalan, ketika Richarlison berlari melewati Ozan Kabak untuk menerima bola terobosan James Rodriguez, dan penyerang Brasil itu melepaskan tembakan rendah dan mengalahkan Alisson untuk mengejutkan tuan rumah.

The Reds memiliki sejumlah peluang untuk menyamakan kedudukan, dengan Jordan Henderson dan Trent Alexander-Arnold sempat memaksa kiper The Toffees Jordan Pickford untuk melakukan penyelamatan bagus, tapi tetap tidak ada gol tercipta.

Advertisement
K9Win
K9Win

Justru di tujuh menit jelang laga bubar, sebuah serangan balik Everton berhasil kembali menjebol gawang tuan rumah, ketika Trent Alexander-Arnold melakukan pelanggaran ceroboh pada Dominic Calvert-Lewin, memungkinkan Gylfi Sigurdsson menggandakan skor lewat titik putih.

Berikut rapor pemain Liverpool usai kekalahan quattrick mereka di Premier League sekaligus kekalahan keempat beruntun di kandang usai kekalahan dari Everton Minggu (21/2) dini hari WIB :

  • Alisson Becker (GK) – 6,0 – melakukan penyelamatan dengan baik untuk menepis sundulan Coleman dan tembakan pertama Calvert-Lewin sebelum penalti, tapi tak punya banyak kesempatan pada gol-gol Ricarlison dan penalti Sigurdsson.
  • Trent Alexander-Arnold (RB) – 4,0 – tembakan bebasnya masih belum menemui hasil, sementara kurang akuratnya umpan silangnya mengawali serangan balik Everton pada gol kedua tuan rumah, dan dia juga yang bersalah karena menjatuhkan Calvert-Lewin di kotak penalti.
  • Ozan Kabak (CB) – 4,0 – lengah pada gol pertama Everton, melepaskan penjagaan pada Richarlison dan membiarkan umpan terobosan Rodriguez melewatinya. Gol itu terbukti penting bagi¬†The Toffees.
  • Jordan Henderson (CB) – 6,0 – melakukan tendangan voli akurat yang memaksa sebuah penyelamatan brilian dari Pickford. Mengalami cedera otot dan harus diganti setelah setengah jam.
  • Andy Robertson (LB) – 6,0 – terus-menerus meneriakkan instruksi dan semangat pada rekan-rekannya, pemain yang tak kenal menyerah dan sangat pekerja keras.
  • Curtis Jones (CM) – 5,0 – babak pertama yang nyaris tak terlihat perannya, sementara dia juga tidak berkembang di babak kedua, Shaqiri akhirnya masuk menggantikannya.
  • Georginio Wijnaldum (CM) – 5,5- jauh dari penampilan terbaiknya. Menyelesaikan 98 persen umpan tapi umumnya hanya umpan-umpan sederhana tanpa dorongan berarti untuk penyerangan timnya.
  • Thiago Alcantara (CM) – 5,0 – serba salah bagi Thiago untuk Liverpool. Bagus dalam penjagaan bola, tapi selalu ada saja kesalahan dan kesialan baginya, termasuk dia berperan pada gol pembuka Everton karena sapuan sundulannya yang buruk dan mengarah ke kaki Doucoure.
  • Mohamed Salah (RW) – 5,5 – kesulitan melewati penjagaan Digne dan Godfrey, hanya mencatatkan satu tembakan ke gawang dan tak cukup sering untuk turun membantu pertahanan timnya.
  • Roberto Firmino (ST) – 6,0 – memiliki peluang bagus di awal laga tetapi tendangannya masih berhasil diblok barisan pertahanan Everton. Melancarkan 4 tembakan dan 3 dribel sukses.
  • Sadio Mane (LW) – 6,0 – aksi individunya mengesankan, kerap merepotkan dan menyelesaikan 4 dribel sukses, tapi tidak cukup efektif.
  • Nathaniel Phillips (CB) – 5,0 – terlalu maju dan tidak berada di tempatnya pada proses gol kedua Everton, gagal menjaga Richarlison yang dengan mudah melewatinya dan terlalu lambat untuk berlari dan membantu Trent menutup pergerakan Calvert-Lewin.
  • Xherdan Shaqiri (CM) – 5,5 –¬†tidak terlalu menawarkan perubahan saat masuk menggantikan Jones.
  • Divock Origi (ST) – nihil – hanya diberi waktu tiga menit untuk menggantikan Thiago.

Rapor pemain Everton : Jordan Pickford (8,0); Mason Holgate (7,0), Michael Keane (7,5), Ben Godfrey (7,0); Seamus Coleman (7,0), Abdoulaye Doucoure (7,0), Tom Davies (7,0), Andre Gomes (6,0), Lucas Digne (7,5); James Rodriguez (7,5), Richarlison (8,0); Gylfi Sigurdsson (7,0), Dominic Calvert-Lewin (7,0), Alex Iwobi (nihil).