Rapor Pemain Liverpool Kalah 3-1 di Leicester, Ozan Kabak Debut Langsung Blunder

Gilabola.com – Hattrick! Sayangnya bukan dalam hal positif bagi Liverpool, melainkan nasib buruk dengan menelan tiga kekalahan beruntun di Premier League usai menelan kekalahan terbaru dengan skor 3-1 dari Leicester City di King Power Stadium, Sabtu (13/2) malam WIB.

Padahal Liverpool masih unggul 1-0 hingga menit ke-77 ketika Mohamed Salah membuka skor 10 menit sebelumnya melalui penyelesaian dari dalam kotak penalti menyambut umpan trik mengesankan dari Roberto Firmino, tapi tuan rumah kemudian bangkit dan membalas dengan tiga gol hanya dalam kurun waktu tujuh menit.

James Maddison menyamakan kedudukan melalui tembakan bebas menit ke-77. Sempat dianulir wasit karena dugaan offside, tapi pada akhirnya gol gelandang Inggris itu disahkan VAR. Setelah itu Alisson Becker kembali meng-Karius-kan dirinya saat entah apa yang dipikirkannya, dia berlari dan menabrak Ozan Kabak saat berusaha mencegah serangan balik Leicester, yang justru menghasilkan bola liar pada Jamie Vardy yang tanpa kawalan untuk menceploskan bola ke gawang kosong.

Advertisement
QQCepat
QQCepat

Bek pinjaman Schalke kemudian kembali terekspos saat gagal mencegat umpan terobosan Wilfred Ndidi yang mengarah ke Harvey Barnes untuk mencetak gol ketiga bagi tuan rumah dan dengan mudah menaklukkan kiper Brasil yang tak berdaya.

Dengan kekalahan ini, Liverpool bisa digusur Chelsea dan West Ham yang hanya satu poin di belakang mereka dan The Reds bisa merosot ke urutan keenam pekan ini. Berikut rapor pemain mereka usai kekalahan dari The Foxes malam ini.

  • Alisson (GK) – 4,0 – bukannya tobat, malah kumat. Alisson kembali melakukan blunder saat dia maju untuk menerjang rekannya sendiri, Kabak, untuk menghasilkan bola liar yang mengarah ke Vardy dan menghasilkan gol kedua tuan rumah. Kiper Brasil juga tak berdaya pada dua gol lain Leicester.
  • Trent Alexander-Arnold (RB) – 6,5 – berperan dalam gol pembuka Liverpool, tapi pos bek kanan tempatnya benar-benar menjadi area yang diincar pemain Leicester untuk melakukan serangan balik. Arnold jelas tidak berada pada tempatnya pada gol Vardy dan terutama Barnes.
  • Jordan Henderson (CB) – 6,0 – Henderson menunjukkan beberapa kualitas umpan jauh yang mengesankan dan akurat, tapi bagaimanapun dia bukan bek tengah dan itu membuatnya sulit untuk benar-benar bisa bermain layaknya seorang bek dengan pengalaman membaca serangan lawan di kotak.
  • Ozan Kabak (CB) – 4,0 – tidak bermasalah sebelum akhirnya sampai pada menit ke-81 dan kemudian segalanya menjadi kacau. Blunder pada gol kedua Vardy dan gagal memotong umpan Ndidi untuk menghasilkan gol Barnes.
  • Andy Robertson (LB) – 6,0 – memiliki koneksi yang mengesankan dengan Mane dalam serangan di sisi kiri, tapi juga jadinya kerap terlalu maju dan telat untuk turun kembali ke pertahanan.
  • James Milner (CM) – nihil – dipaksa keluar setelah 17 menit karena cedera.
  • Georginio Wijnaldum (CM) – 6,0 – tak kenal lelah dan energik saat tidak menguasai bola dan mempertahankan bola dengan rapi. Tanda tanya atas keberadaannya saat Leicester menghancurkan Liverpool pada transisi serangan untuk gol ketiga mereka.
  • Curtis Jones (CM) – 6,0 – tajam, rapi dan energik saat menguasai bola. Diganti setelah 74 menit sebelum kekacauan terjadi.
  • Mohamed Salah (RW) – 6,5 – memiliki peluang terbaik Liverpool di babak pertama tapi akhirnya membuka skor di babak kedua. Sayang Salah juga bersalah pada gol ketiga Leicester yang berawal dari kesalahan umpannya di lini tengah.
  • Roberto Firmino (ST) – 7,0 – tampil berbahaya, mencatatkan empat tembakan, dua di antaranya benar-benar merepotkan Schmeichel. Melakukan trik menarik dengan umpannya untuk menghasilkan assist pada gol Salah.
  • Sadio Mane (LW) – 6,5 – Benar-benar hidup di babak pertama, kakinya yang cepat menyebabkan banyak masalah, hanya kurang ketajaman di depan gawang. Performanya menurun di babak kedua.
  • Thiago Alcantara – 6,0 – rapi dalam penguasaan bola, akurasi umpan mencapai 96 persen. Thiago pemain yang bagus, tapi banyak yang menganggap dia tidak cocok dengan Liverpool.
  • Alex Oxlade-Chamberlain – nihil – menggantikan Jones, dan tiga menit kemudian bencana bagi Liverpool dimulai.
  • Xherdan Shaqiri – nihil – hanya mendapatkan kesempatan tiga menit bermain.

Rapor pemain Leicester City : Kasper Schmeichel (7,0), Daniel Amartey (6,0), Caglar Soyuncu (6,5), Jonny Evans (6,5), Ricardo Pereira (7,0); Wilfred Ndidi (8,5), Youri Tielemans (7,0), James Maddison (7,5); Marc Albrighton (6,0), Jamie Vardy (8,0), Harvey Barnes (8,0); Ayoze Perez (nihil), Hamza Choudhury (nihil), Nampalys Mendy (nihil).